Aura Kasih makin getol investasi reksadana

Sabtu, 13 April 2019 | 14:25 WIB   Reporter: Ragil Nugroho
Aura Kasih makin getol investasi reksadana


TOKOH - Reksadana sudah lama akrab dengan Aura Kasih. Aktris sekaligus penyanyi bernama asli Shahiyani Febri Wiraatmadja ini berinvestasi di reksadana sejak 2009 lalu.

Tapi, baru dua tahun belakangan perempuan kelahiran Bandung ini menanamkan uangnya di semua jenis reksadana. Sebelumnya, dia hanya membeli reksadana saham.

Meski mayoritas masih reksadana saham, koleksi reksadana Aura sekarang komplet, mulai pasar uang, pendapatan tetap, hingga campuran. “Sudah mulai terbiasa dan kini menambah koleksi,” ungkapnya yang mengenal reksadana dari sejumlah teman.

Bagi Aura, keunggulan reksadana cukup banyak. Misalnya, dengan uang hanya Rp 100.000 sudah bisa berinvestasi di instrumen ini.

Lalu, reksadana punya likuiditas tinggi. Investor bisa menarik duitnya kapan pun, dengan cara menjual kembali unitnya. “Ini, kan, mirip  dengan tabungan,” sebutnya.

Selain itu, risiko investasi di reksadana juga enggak gede-gede amat. Penyebabnya, manajer investasi biasanya memecah dana kelolaan reksadana ke berbagai keranjang investasi, dengan berbagai tingkat risiko serta keuntungan. Dan, yang melakukannya adalah para ahli juga profesional.

Karena itu, selama berinvestasi di reksadana, Aura mendapat cuan yang tidak sedikit, Hanya, ia merahasiakan nilainya. Yang jelas, hasil keuntungan dia pakai untuk modal usaha di bidang kecantikan dan kuliner.

Reksadana saham jadi pilihan utamanya lantaran baginya, investasi sebaiknya untuk jangka panjang. “Return yang dijanjikan tinggi, namun risiko juga lumayan tinggi,” katanya.

Tambah lagi, Aura memang dari dulu tertarik dunia saham. Tapi, karena kesibukannya sebagai artis dan risiko yang tinggi, dia pun memilih reksadana saham. “Ada manajer investasi yang bantu mengurus,” ujarnya.

Sebab itu, dalam memilih produk reksadana, ia lebih memperhatikan nama besar manajer investasi. Baru, kinerja dan strategi investasinya.

Sayang, ia menolak blak-blakan soal produk reksadana yang jadi pilihannya. Yang jelas, Aura yang mengawali karier sebagai finalis Miss Indonesia 2007 mengaku, saat ini sudah tidak terlalu awam lagi soal reksadana.

Menurut wanita yang 27 Februari lalu genap berusia 32 tahun ini, pengalaman panjang dalam membiakkan uang di reksadana membuatnya semakin percaya diri berinvestasi di instrumen itu. “Terus saja mencoba, nanti juga paham seluk beluknya,” saran pemeran Bu Klara dalam film The Sacred Riana: Beginning yang rilis 14 Maret ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru