Gadget

Awas, Whatsapp Disadap! Ini Cara Mengetahuinya

Kamis, 18 Juli 2024 | 05:50 WIB   Reporter: kompas.com
Awas, Whatsapp Disadap! Ini Cara Mengetahuinya

ILUSTRASI. Awas, Whatsapp Disadap! Ini Cara Mengetahuinya


Cara Mengetahui Whatsapp Disadap - Jakarta. Waspada rahasia Anda terbongkar karena akun WhatsApp disadap orang lain. Berikut cara mengetahui apakah WhatsApp Anda telah disadap orang lain. 

Aplikasi WhatsApp bisa disadap oleh orang lain tanpa kita menyadarinya. Tentunya, praktik ini sangat berbahaya karena WhatsApp adalah aplikasi penting untuk komunikasi sehari-hari melalui ponsel.

Aplikasi pesan instan WhatsApp atau biasa disingkat WA, memiliki sistem keamanan yang kuat, sehingga dapat meminimalkan aksi penyadapan atau peretasan akun. Salah satunya seperti sistem keamanan enkripsi dari ujung ke ujung.

Sistem enkripsi dari ujung ke ujung membuat percakapan pengguna di WhatsApp dilindungi kode khusus, sehingga tidak bisa diintip oleh orang lain dan bahkan oleh pihak WhatsApp. Selain itu, ada pula sistem keamanan verifikasi dua langkah.

Sistem tersebut memungkinkan akun WhatsApp pengguna dilindungi dengan keamanan ekstra selain kode OTP. Sistem ini bakal lebih menyulitkan seseorang yang hendak mengakses akun WA pengguna secara tidak sah karena perlu memasukkan PIN juga.

Di sisi lain, meski punya sistem keamanan yang kuat, akun WA pengguna bukan berarti tak bisa disadap. Masih terdapat kemungkinan akun WhatsApp disadap oleh orang lain. Akun WhatsApp disadap sangat mungkin terjadi jika pengguna lalai.

Sebagai informasi, di aplikasi WA, terdapat salah satu fitur yang memungkinkan terjadinya aksi penyadapan atau pengambilalihan akun pengguna. Jika pengguna lalai, fitur tersebut dapat menjadi celah untuk orang lain dapat mengakses akun WhatsApp pengguna tanpa izin.

Namun, pengguna bisa pula memastikan apakah akun WhatsApp disadap atau tidak dengan memeriksa lewat fitur tersebut. Lantas, fitur apa itu?

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini.

Baca Juga: Cara Mengatur Foto Profil WhatsApp Terlihat Kosong dengan 3 Metode

Cara mengetahui Whatsapp Disadap

Sebagai informasi, WhatsApp memiliki fitur perangkat tertaut atau Linked Device. Fitur perangkat tertaut di WA memungkinkan pengguna untuk login akun dari aplikasi WhatsApp di HP utama ke beberapa perangkat tambahan.

Fitur Linked Device umum digunakan untuk login WhatsApp Web atau WhatsApp Dekstop. Fitur ini sejatinya berguna untuk memudahkan pengguna mengakses akun WA di beberapa perangkat tambahan, sehingga tak perlu repot membuka aplikasi WhatsApp di HP utama.

Akan tetapi, fitur inilah yang bisa jadi celah terjadinya peretasan atau pengambilalihan akun, jika pengguna lalai. Dalam kondisi tertentu, pengguna bisa saja login akun WA di perangkat asing atau bukan milik pribadi.

Namun, setelah login akun WA di perangkat asing, pengguna mungkin lupa untuk mengeluarkannya. Dengan demikian, akun WA pengguna masih tertaut dan bisa disalahgunakan oleh orang yang memiliki perangkat asing itu.

Untuk memastikan disadap atau tidak, pengguna bisa memeriksa perangkat apa saja yang telah tertaut dengan akun WA melalui fitur Linked Device. Adapun cara cek perangkat tertaut di WA adalah sebagai berikut:

  • Buka menu “Settings” atau “Setelan” di aplikasi WhatsApp HP utama.
  • Kemudian, klik menu “Linked Device” atau “Perangkat Tertaut”.
  • Pada menu itu, pengguna bakal disajikan daftar semua perangkat atau platform yang telah login menggunakan akun WhatsApp.
  • Kemudian, terdapat pula informasi kapan akun WhatsApp terakhir kali aktif di satu perangkat yang telah tertaut.
  • Setelah melakukan pemeriksaan, pengguna bisa melihat apakah terdapat perangkat asing yang tertaut dengan akun WA.
  • Jika ditemukan perangkat asing, pengguna bisa mengeluarkannya untuk menghindari akun WhatsApp disadap.

Cara mengeluarkan perangkat tertaut di WA itu cukup mudah. Langkah-langkahnya mirip dengan cara di atas. Adapun penjelasan cara mengeluarkan akun WA dari perangkat lain yang tidak dikenal adalah sebagai berikut:

  • Buka menu “Settings” atau “Setelan” di aplikasi WhatsApp HP utama.
  • Kemudian, klik menu “Linked Device” atau “Perangkat Tertaut”.
  • Untuk mengeluarkan akun WhatsApp dari perangkat yang tak dikenal, klik salah satu perangkat dan pilih opsi “Log Out”.
  • Terakhir, akun WhatsApp yang tertaut di perangkat tersebut bakal dikeluarkan secara otomatis.

Itulah penjelasan mengenai fitur di WhatsApp yang bisa menjadi celah terjadinya penyadapan. Penting diperhatikan, untuk menghindari akun WhatsApp disadap, pengguna sebaiknya tidak login akun WA di sembarang perangkat.

Pastikan untuk senantiasa login akun WA di perangkat pribadi. Namun, jika terpaksa login akun WA di perangkat asing, jangan lupa untuk segera mengeluarkannya dengan cara seperti yang diterangkan di atas.

Selain memastikan login akun WA di perangkat yang tepat, untuk menghindari penyadapan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pengguna juga.

Dikutip dari laman resmi WhatsApp, adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menghindari akun WhatsApp disadap adalah sebagai berikut:

  • Jangan pernah bagikan kode OTP atau kode verifikasi yang digunakan untuk login akun WhatsApp.
  • Aktifkan sistem keamanan verifikasi dua langkah untuk menambahkan pengamanan ekstra pada akun WhatsApp.
  • Jangan sembarangan klik tautan yang dikirim oleh nomor telepon asing.

Cara mendapatkan centang biru WhatsApp

Meta merilis sejumlah pembaruan dan fitur baru untuk WhatsApp dalam acara tahunan bertajuk “Conversation” yang digelar di Sao Paulo, Brasil, pada Kamis (6/6/2024). Salah satu pembaruannya adalah fitur baru pada WhatsApp Business yaitu Verifikasi Meta (Meta Verified).

Meta Verified pada WhatsApp Bisnis sendiri merupakan program berlangganan berbayar yang menawarkan beberapa keuntungan kepada penggunanya, terutama para pemilik bisnis untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan. Saat pengguna berlangganan Meta Verifikasi, maka akun WhatsApp Bisnis mereka akan menampilkan ikon centang biru menandakan bahwa akun telah terverifikasi. Mirip dengan akun centang biru Instagram.

Adapun pengguna yang berlangganan Meta Verifikasi akan mendapatkan sejumlah fitur-fitur tambahan, seperti lencana terverifikasi, dukungan akun yang ditingkatkan, perlindungan peniruan identitas, dan multi-device yang dapat diakses ke beberapa perangkat sekaligus, serta alat AI.

Cara mendaftar Meta Verified untuk WhatsApp Bisnis

Meta Verified untuk WhatsApp Bisnis saat ini masih dalam tahap peluncuran awal dan belum tersedia untuk semua orang. Anda dapat mendaftar ke daftar tunggu untuk mendapatkan notifikasi ketika program ini tersedia di wilayah Anda.

Berikut adalah cara mendaftar ke daftar tunggu:

Porsi ”Reseller”

Buka aplikasi WhatsApp Business di ponsel Anda. Buka Pengaturan > Akun Bisnis > Verifikasi.

Ketuk Daftar Tunggu. Anda akan menerima notifikasi ketika Meta Verified tersedia di wilayah Anda. Anda juga dapat masuk ke daftar tunggu pada tautan berikut ini.

Daftar harga paket centang biru WhatsApp Bisnis Paket Bisnis Standar 14,99 dollar AS per bulan (sekitar Rp 240.000)

  • Paket Bisnis Plus 44,99 dollar AS per bulan (sekitar Rp 738.000)
  • Paket Bisnis Premium 119, 99 dollar AS per bulan (sekitar Rp 1.952.000)
  • Paket Bisnis Maks 349,99 dollar AS per bulan (sekitar Rp 574.000)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Mendapatkan Centang Biru WhatsApp Bisnis dan Harganya ", dam "Cek Fitur Ini di WhatsApp buat Mengetahui Akun Kamu Disadap atau Tidak",

 

Baca Juga: Ingin Istirahat dari WhatsApp Tanpa Hapus Aplikasi? Simak Tipsnya

 

 

Selanjutnya: Waspadai Modus Salah Transfer, Cek Daftar Pinjol Legal & Ilegal 2024

Menarik Dibaca: Buruan Redeem! Inilah Gift Code Ojol The Game 18 Juli 2024 Paling Baru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru