Backup History Chat WhatsApp ke Google Drive di HP Android Bakal Dibatasi Mulai 2024

Selasa, 02 Januari 2024 | 09:26 WIB   Penulis: Arif Budianto
Backup History Chat WhatsApp ke Google Drive di HP Android Bakal Dibatasi Mulai 2024

ILUSTRASI. Backup History Chat WhatsApp ke Google Drive di HP Android Bakal Dibatasi Mulai 2024


WHATSAPP - Siap-siap, backup history chat WhatsApp (WA) ke Google Drive bakal dibatasi mulai tahun 2024 ini. Mengikuti batas pengguna gratis, backup atau cadangan pesan WhatsApp ke Google Drive dapat menampung maksimal 15 GB.

Memasuki tahun 2024 tidak hanya resolusi Anda saja yang mungkin baru, Google juga telah menyiapkan kebijakan baru bagi pengguna WhatsApp.

Ya, resmi diumumkan pada tahun 2023 lalu, Google akan membatasi pengguna HP Android yang ingin melakukan backup atau cadangan pesan WhatsApp (WA) ke Google Drive.

"Dalam beberapa bulan ke depan, jika Anda memilih untuk mencadangkan chat WhatsApp di perangkat Android, cadangan akan mulai dihitung dalam batas penyimpanan Akun Google Anda".

Logo Whatsapp

Baca Juga: Cara Pakai Google Maps Tanpa Mengaktifkan Paket Data, Bisa Digunakan Offline

Demikian informasi yang dikutip dari laman resmi Pusat Bantuan WhatsApp. Kabarnya kebijakan tersebut akan diluncurkan untuk pengguna WhatsApp Android secara bertahap pada paruh pertama 2024.

Sebagai informasi tambahan, batas penyimpanan akun Google atau Google Drive sebagai pengguna gratis yaitu 15 GB. Dengan kata lain, Anda dapat melakukan backup atau cadangan pesan WhatsApp Android ke Google Drive sebagai pengguna gratis maksimal adalah 15 GB.

Pihak WhatsApp juga akan memberi tahu ke pengguna 30 hari sebelum perubahan tersebut diterapkan melalui spanduk yang muncul di menu "Pengaturan WhatsApp > Chat > Cadangan chat".

Jika Anda tidak ingin akun Google Drive penuh dengan pesan WhatsApp yang dicadangkan, pengguna dapat memanfaatkan cara alternatif backup history WhatsApp.

Anda dapat mentransfer chat antarperangkat Android menggunakan fitur Transfer Chat WhatsApp.

Fitur Transfer Chat ini memungkinkan Anda menstransfer seluruh informasi akun, termasuk semua pesan pribadi, foto, video dand okumen.

Baca Juga: Cara dan Syarat Refund Steam Agar Mendapatkan Pengembalian Dana

Namun jika Anda memilih untuk melakukan backup history WhatsApp ke Google Drive, gunakan opsi hanya pesan teks saja agar menghemat ruang penyimpanan. 

Demikian info terbaru terkait backup history WhatsApp Android ke Google Drive yang kebijakannya akan diterapkan pada tahun 2024 ini.

Bagaimana menurut Anda? Apakah kebijakan ini cukup berarti bagi Anda yang sering menggunakan aplikasi WA di HP Android?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru