kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Bagi pengguna Apple, ini cara update iOS 13 dan fitur barunya


Senin, 23 September 2019 / 11:24 WIB

Bagi pengguna Apple, ini cara update iOS 13 dan fitur barunya
ILUSTRASI. Ponsel Apple


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setelah penantian beberapa bulan, Apple akhirnya merilis update iOS 13 untuk pengguna umum.

Sebelumnya iOS 13 dikenalkan di WWDC 2019 pada bulan Juni lalu. Kini update iOS 13 sudah dapat diunduh untuk pengguna umum di perangkat iPhone dan iPod Touch.

Dalam waktu dekat Apple juga akan merilis sistem operasi iPadOS sebagai iOS 13 yang dibuat khusus untuk perangkat iPad.

Apa saja fitur baru di iOS 13 yang wajib untuk segera kamu coba?

Dark Mode

Update paling menarik dari iOS 13 adalah Dark Mode atau mode tampilan gelap.

Selama 12 tahun Apple merilis perangkat iPhone, update iOS 13 menjadi sistem operasi pertama yang mendukung tampilan Light dan Dark.

Dark Mode bekerja di semua bagian mulai dari Lockscreen, Home Screen dan juga aplikasi bawaan serta aplikasi pihak ketiga yang sudah mendukung.

Baca Juga: Ingin punya iPhone 11, ini cara membeli tanpa berutang

Dengan menggunakan Dark Mode, warna latar belakang yang sebelumnya menggunakan warna cerah contohnya putih akan berubah menjadi gelap.

Penggunaan Dark Mode juga diklaim bisa menghemat baterai di perangkat iPhone dengan layar OLED seperti iPhone X, iPhone XS hingga iPhone 11.

Dark Mode dapat diatur lewat Settings - Display & Brightness. Kamu juga bisa menemukan akses Dark Mode lewat Control Center atau perintah ke Siri.

Deretan Fitur Baru di Photos

Aplikasi Photos mendapat banyak fitur baru di iOS 13 untuk membantu kamu mengelola foto dan juga melakukan sejumlah fitur edit gambar.

Pertama, kamu bisa mengucapkan selamat tinggal untuk Camera Roll.

Ya, update iOS 13 menggunakan sistem organisir foto yang tidak menggunakan folder Camera Roll. Daftar foto kamu bisa dilihat berdasarkan rentan waktu pengambilan gambar mulai dari tahun, bulan, hari atau semua foto.

Semua tab di Photos juga tampil denga lebih segar dengan mode katalog yang rapi, proses buka aplikasi lebih cepat dan kurasi cerdas berdasarkan foto terbaik.

Kedua, Photos punya beberapa mode edit yang semakin lengkap. Bagian favorit saya adalah edit video yang akhirnya mendukung mode Crop, Rotate, dan Auto Enhance.

Bagi kalangan fotografer yang sering memindahkan hasil jepretan format RAW dari kamera digital ke iPad atau iPhone, kini Photos juga mendukung fitur edit RAW.


Sumber : MakeMac
Editor: Yudho Winarto

Video Pilihan

Tag

Close [X]
×