Baju Mudah Berbau Apek? Ini Tips untuk Menghindarinya

Rabu, 27 April 2022 | 20:02 WIB   Reporter: Kania Paramahita
Baju Mudah Berbau Apek? Ini Tips untuk Menghindarinya

ILUSTRASI. Ini dia hal-hal yang dapat dilakukan untuk mencegah bau apek pada baju Anda.


RUMAH - Baju yang lembap dan berbau apek saat dijemur merupakan hal terakhir yang diinginkan pemilik rumah yang baru saja selesai mencuci tumpukan baju yang menggunung.

Sebab, baju yang berbau apek tentu tidak akan nyaman saat dikenakan. Selain itu, baju yang lembap dan apek dapat menimbulkan jamur pada baju, sehingga mengurangi tampilan dari baju tersebut.

Jadi, kira-kira apa saja yang bisa dilakukan untuk menghindari bau apek pada baju? Dirangkum dari Informa, AsiaOne, dan Super Savvy Me, berikut tipsnya.

Baca Juga: Hati-Hati, 8 Jenis Bau di Rumah Ini Perlu Diwaspadai!

Perhatikan kebersihan baju dan penggunaan mesin cuci

Baju yang kurang bersih dapat menyebabkan bau apek yang tidak sedap. Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan deterjen secukupnya untuk menghindari residu deterjen yang berlebih pada baju. Gunakan juga pelembut dan pewangi baju untuk mencegah baju cepat apek.

Saat mencuci, Anda bisa menggunakan fungsi dryer atau pengering di dalam mesin cuci supaya baju cepat kering saat dijemur. Supaya mesin cuci tidak lembap, buka pintu mesin cuci dan lap bagian dalamnya, lalu biarkan mesin cuci terbuka hingga kering setiap kali selesai mencuci.

Segera jemur baju setelah selesai dicuci

Baju yang baru selesai dicuci umumnya akan terasa lembap, baik menggunakan fungsi pengering atau tidak. Untuk menghindari bau apek, sebaiknya Anda segera menjemur baju setelah selesai dicuci dan tidak meninggalkannya berlama-lama di dalam mesin cuci.

Selain itu, baju yang ditinggal terlalu lama di mesin cuci juga dapat memicu tumbuhnya jamur atau lumut di dalam mesin cuci, sehingga dapat mengganggu kinerja mesin itu sendiri.

Beri jarak antar baju saat dijemur

Sirkulasi udara yang lancar sangat berpengaruh pada saat menjemur baju, baik di dalam maupun di luar ruangan. Untuk memaksimalkan sirkulasi udara ini, beri jarak yang renggang di antara baju saat menjemurnya.

Jika menjemur baju di tempat terbuka, pastikan Anda menjemur di tempat yang berangin supaya baju cepat kering dan tidak apek. Jika terpaksa harus menjemur di dalam ruangan, pastikan sirkulasi udara di dalam ruangan tersebut lancar.

Baca Juga: Rumah Makin Berantakan, Ini Kesalahan Decluttering yang Wajib Dihindari!

Editor: Kania Paramahita

Terbaru