Bakmi favorit para pilot dan pramugari

Kamis, 21 Juni 2012 | 10:12 WIB Sumber: Mingguan KONTAN, Edisi 18 - 24 Juni 2012
Bakmi favorit  para pilot dan pramugari

ILUSTRASI. Menko Polhukam Mahfud MD (keempat kanan) didampingi Menteri Keuangan Sri Mulyani (kelima kanan) memimpin konferensi pers. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/hp.


Anda tentu sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini: bakmi atawa mi ayam. Bagi sebagian masyarakat Indonesia, bakmi sudah seperti jajanan wajib. Walhasil, tidak susah mencari penjual makanan ini, mulai dari tukang mi keliling hingga gerai mi di pusat perbelanjaan.

Tapi, tentu tidak gampang mencari penjaja atau gerai yang menyajikan bakmi nan sedap dan menggoyang lidah. Nah, jika Anda gemar berburu mi ayam yang memiliki cita rasa spesial seperti itu, Anda bisa menyambangi kedai Bakmi Setia Budi. Sesuai namanya, kedai ini berada di daerah Setiabudi, Jakarta Selatan. Persisnya di Jalan Setiabudi Tengah Nomor 2.

Kedai ini hanya berukuran 5 meter x 6 meter sehingga hanya bisa menampung 25 orang sekaligus. Cuma, selain pembeli biasa, para pejabat dan selebriti juga menjadi pelanggan Bakmi Setia Budi. Misalnya, bekas Menteri Pemuda dan Olahraga Adhyaksa Dault dan almarhum Adjie Massaid. “Pilot dan pramugari China Airlines yang menginap di Hotel Four Seasons juga menjadi pembeli bakmi saya,” ungkap Mario, sang pemilik kedai, bangga.

Ada beragam menu bakmi yang ditawarkan kedai ini. Banderol harganya sangat bersahabat dengan kantong kita. Misalnya, ada bakmi ayam seharga Rp 10.000 per porsi, bakmi bakso yang dijual Rp 11.000, bakmi pangsit rebus atau goreng dengan banderol Rp 11.000, dan bakmi spesial yang bisa ditebus dengan Rp 12.000 per mangkuk. Ada pula bakmi goreng dan bakmi cah jamur dengan harga Rp 15.000 per porsi serta bakmi sapi yang dihargai Rp 18.000.

Anda tinggal memilih menu sesuai selera. Setelah memesan, Anda hanya perlu menanti sekitar sepuluh menit dan bakmi racikan Mario akan segera datang. Begitu pesanan terhidang di atas meja, aroma khas kuah kaldu langsung menyeruak hingga masuk ke dalam hidung dan seketika membangkitkan nafsu makan.

Berbeda dengan kedai bakmi kebanyakan, penyajian mi di Bakmi Setia Budi tidak memakai wadah mangkuk beling, melainkan mangkuk yang terbuat dari bahan melamin. Kuah kaldunya yang menjadi pelengkap disajikan di mangkuk terpisah berukuran lebih kecil.

Tampilan bakmi di kedai ini nyaris menyerupai mi yang dijual di restoran-restoran bakmi kesohor di negeri ini. Bentuk bakmi olahan Mario sedikit gepeng dan keriting.

Beragam hidangan

Rasanya? Jangan ditanya lagi. Benar-benar istimewa. Tekstur bakminya lembut dan pas di lidah. Rasa gurih pun segera menjalar dan membuat lidah menari. “Kami memproduksi mi sendiri, tidak membeli di pasar,” kata Mario.

Cita rasa daging ayam berbentuk potongan dadu yang menjadi atasan alias topping bakmi pun sangat gurih. Begitu juga rasa jamurnya menjadikan sajian Bakmi Setia Budi ini semakin sedap di lidah.

Kalau Anda suka rasa pedas, di meja tersedia saus dan sambal rebus dengan bahan cabai rawit merah. Anda menambahkannya sesuka hati. Rasa pedasnya benar-benar menampar lidah. Mantap, deh.

Sebagai pelepas dahaga setelah menandaskan semangkuk bakmi, Anda bisa menenggak aneka minuman, mulai dari air mineral, teh manis, hingga minuman bersoda. Ada pula aneka jus seperti jus melon, mangga, tomat, wortel, sirsak, belimbing, alpukat, dan jus jambu.

Menurut Mario, dalam sehari, kedainya bisa menjual sekitar 200 porsi bakmi. Bila ditambah menu lainnya, total, saban hari, Bakmi Setia Budi melego tidak kurang dari 400 porsi.

Ya, kedai ini memang tidak hanya menyediakan menu bakmi. Anda bisa memilih menu lain semisal nasi goreng. Ada nasi goreng biasa, ada pula nasi goreng campur ikan teri, ikan asin, petai, jamur, atau sosis. Harga semua menu nasi goreng itu Rp 15.000 per porsi. Sementara, nasi goreng seafood dijual Rp 17.000 seporsi.

Menu lain yang ditawarkan kedai ini antara lain nasi ayam cah cabai, nasi ayam cah jamur, nasi daging sapi cah cabai, nasi daging cah jamur jamur, capcai, serta fuyonghai. Harga jualnya mulai Rp 15.000 hingga Rp 24.000 per porsi.

Anda penasaran ingin mencicipi Bakmi Setia Budi? Buruan saja meluncur ke kedai ini. Tidak sulit, kok, mencapai kedai itu. Jika datang dari Jalan Gatot Subroto, arahkan saja kendaraan Anda ke Jalan H.R. Rasuna Said. Yang bisa Anda jadikan patokan adalah Hotel Four Seasons di kiri jalan.

Sebelum hotel mewah tersebut, ada sebuah jalan bernama Setia Budi Raya. Silakan Anda belok kiri melintasi jalan itu, mentok, kemudian belok kiri lagi dan Anda sudah berada di Setia Budi Tengah. Susuri terus jalan itu hingga ujung jalan. Tepat di sebelah kiri jalan, Anda akan menjumpai Apotek Setia Budi. Nah, di halaman apotek ini, kedai Bakmi Setia Budi bercokol.

Selamat mencicipi.

Bakmi Setia Budi
Jl. Setiabudi Tengah No. 2 Jakarta Selatan
HP. 081386661517
Koordinat GPS: S6º20.557’ - E106º82.041’

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Catur Ari

Terbaru