Balkondes: Basis wisata berkonsep komunitas

Kamis, 12 Januari 2017 | 13:47 WIB   Reporter: Elisabeth Adventa
Balkondes: Basis wisata berkonsep komunitas


MAGELANG. Pesona pariwisata Indonesia tak perlu diragukan lagi. Tiap daerah di Indonesia selalu punya daya tarik tersendiri bagi turis lokal maupun mancanegara. Bahkan pada tahun 2019, sektor ini ditargetkan menjadi penghasil devisa terbesar bagi Indonesia. 

Untuk mencapai target tersebut, Kementerian BUMN menginisiasi program Balai Ekonomi Desa (Balkondes). Balkondes merupakan interconnecting tourism system berbasis komunitas. Dalam menyelenggarakan program ini, Kementerian BUMN bekerja sama dengan perusahaan BUMN.

“Konsep Balkondes didukung penuh oleh BRI, karena terdapat pengembangan bisnis UMKM yang selaras dengan bisnis BRI,” ujar Hari Siaga Amijarso, Sekretaris Perusahaan Bank BRI.

Selain bertujuan untuk meningkatkan perekonomian desa, program Balkondes juga memberdayakan masyarakat sekitar dengan basis wisata. Bank BRI bersinergi dengan BUMN lain berkomitmen mengembangkan kawasan Candi Borobudur dengan membangun 20 Balkondes di tiap desa sekitar.

"Tujuannya, agar perekonomian masyarakat di sekitar kawasan Candi Borobudur semakin meningkat," tambah Hari. Bank BRI memilih mengelola Balkondes di desa Tanjung Sari, kecamatan Borobudur, kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Rencananya, Balkondes yang dibangun akan dilengkapi pendopo utama, limasan, artshop, gazebo, Musholla, toilet, panggung utama dan homestay. Masyarakat bisa memanfaatkan semua fasilitas yang ada untuk meningkatkan potensi desa wisata. “Diharapkan target dua juta wistawan mancanegara di tahun 2019 dapat tercapai,” kata Hari.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru