Banyak dibutuhkan, inilah 7 jurusan kuliah yang sering diincar HRD

Sabtu, 18 Juli 2020 | 09:45 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Banyak dibutuhkan, inilah 7 jurusan kuliah yang sering diincar HRD

ILUSTRASI. FILE PHOTO: Banyak dibutuhkan, inilah 7 jurusan kuliah yang sering diincar HRD , April 22, 2016. REUTERS/Jason Reed/File Photo


Jurusan Kuliah - JAKARTA. Jangan sembarangan memilih jurusan kuliah! Kenapa demikian? Karena tidak semua jurusan memiliki ketersediaan lapangan pekerjaan yang luas. Salah memilih jurusan, lapangan pekerjaan yang menanti Anda cukup sulit didapat. 

Beberapa jurusan kuliah memang didesain untuk bekerja dan dibutuhkan di banyak perusahaan, tetapi ada yang sebaliknya. Jika orientasi Anda adalah bekerja setelah lulus kuliah, sebaiknya Anda memilih satu diantara 7 jurusan kuliah berikut. 

  • Ilmu hukum

Sebagai negara hukum, Indonesia tentunya memiliki undang-undang yang perlu dipatuhi oleh masyarakat termasuk pelaku usaha. Semua perusahaan baik yang berskala besar maupun kecil memiliki hak dan kewajiban hukum yang harus dipahami. 

Dengan adanya lulusan ilmu hukum di dalam badan perusahaan, diharapkan perusahaan tersebut lebih aware dengan masalah perundang-undangan. Lulusan ilmu hukum akan memberikan arahan terkait dengan peraturan perundangan yang mengikat dari masalah perusahaan hingga karyawan. 

  • Marketing

Nyawa dari sebuah perusahaan terletak di divisi sales and marketing. Di divisi inilah perusahaan mencari dan mendapatkan uang. Dengan ilmu yang sudah diberikan di bangku kulian, lulusan marketing diharapkan dapat meningkatkan jumlah pendapatan perusahaan. 

  • Akuntansi

Jika marketing adalah divisi “penghasil uang”, divisi keuangan dengan lulusan akuntansi di dalamnya adalah jajaran yang mengatur uang tersebut. Para lulusan akuntansi dibutuhkan untuk me-manage keuangan perusahaan, mulai dari uang masuk, pengeluaran kantor, gaji karyawan, dll. 

  • Sastra Inggris

Potensi wisata Indonesia sangat tinggi, dimana banyak daerah yang dijadikan tujuan wisata para pelancong baik dalam maupun luar negeri. Lulusan sastra Inggris akan sangat dibutuhkan di perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata. Guide, customer service, staff pemasaran hingga receptionist hotel sangat cocok untuk lulusan sastra Inggris.

Selain bidang pariwisata, Anda yang memilih jurusan kuliah ini bisa berkecimpung di dunia pendidikan bahasa. Banyak lulusan sastra Inggris yang mengabdi menjadi guru di lembaga bahasa maupun dosen dan guru sekolah. Sektor ekspor-impor juga sering membuka lowongan untuk lulusan sastra Inggris. 

  • Psikologi

Untuk mengayomi puluhan hingga ribuan karyawan, perusahaan membutuhkan staff HRD yang kebanyakan lulusan psikologi. Ilmu yang didapatkan mengenai perilaku manusia, para lulusan psikologi sangat dibutuhkan untuk merangkul banyak karyawan serta menjadi jembatan antara perusahaan dan karyawan.

  • Teknik Informatika

Lulusan teknik informatika selalu dan akan selalu dicari oleh perusahaan. Dengan perkembangan teknologi yang pesat, staff TI dibutuhkan untuk me-handle segala aspek teknologi sebuah perusahaan. Merekalah yang membuat website perusahaan, membuat program-program penunjang kinerja perusahaan, hingga mengembangkan dan membuat aplikasi yang sesuai.

  • Desain komunikasi visual/DKV

Di era industri kreatif, perusahaan dituntut untuk terus melakukan inovasi baik dari segi pelayanan, produk, hingga pemasaran. Untuk menarik para pengunjung, tampilan produk maupun website menjadi kunci utama. 

Teman-teman dari jurusan kuliah DKV bertanggung jawab dalam sisi estetika perusahaan. Membuat desain-desain yang indah dan eye-catching menjadi tugas yang akan selalu dihadapi oleh lulusan DKV di sebuah perusahaan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru