Style

Bappenas Ajak Masyarakat Pilih Desain Maskot Indonesia untuk World Expo 2025 Osaka

Jumat, 30 Agustus 2024 | 21:40 WIB   Reporter: Tendi Mahadi
Bappenas Ajak Masyarakat Pilih Desain Maskot Indonesia untuk World Expo 2025 Osaka

ILUSTRASI. Sukses Cetak Wirausaha Tangguh, Menteri Teten Apresiasi Program Pertamina UMK Academy.


BAPPENAS - JAKARTA. Pemerintah melalui Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Bappenas (Kementerian PPN/Bappenas) masih terus memaksimalkan persiapan Indonesia untuk tampil di World Expo 2025 Osaka. Kali ini, instansi turut mengajak keterlibatan seluruh lapisan masyarakat untuk memilih desain maskot resmi yang akan menjadi simbol representasi Indonesia.

Kesempatan public vote telah dibuka sejak 26 Agustus 2024. Masyarakat bisa langsung mengunjungi tautan https://link.bappenas.go.id/MascotPaviliunIndonesia untuk melihat dan mendukung desain maskot terbaik hasil karya anak bangsa.

Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam di Kementerian PPN/Bappenas Vivi Yulaswati mengatakan pihaknya sangat bangga melihat karya-karya luar biasa dari seluruh peserta.

"Masing-masing desain membawa cerita dan filosofi kuat, mencerminkan keberagaman budaya dan semangat gotong royong. Kami mengajak partisipasi masyarakat untuk juga membantu memilih desain maskot terbaik, karena ini nantinya akan menjadi ikon krusial yang menggambarkan Indonesia di panggung dunia,” kata Vivi dalam keterangannya, Jumat (30/8).

Baca Juga: Kemenhub Usulkan Tambahan Rp. 7,68 Triliun untuk Anggaran Tahun 2025

Dari 147 orang yang mendaftar pada tahap seleksi, Kementerian PPN/Bappenas telah memilih 10 peserta terbaik untuk mendapatkan sesi mentoring dari para pakar desain. Pada sesi ini, peserta terpilih mengikuti pelatihan dalam mempertajam konsep, agar hasil karya yang dibuat bisa semakin merepresentasikan Paviliun Indonesia dan sesuai dengan tema “Thriving in Harmony: Nature, Culture, Future.”

10 desain maskot karya para peserta terpilih kemudian melalui tahapan kurasi ketat oleh Kementerian PPN/Bappenas bersama dengan brand specialist seperti Yoga Prathama dari Jakarta Illustration & Creative Arts Fair (JICAF), Sandru Emil dan Andreas dari Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I), serta Daryl Wilson dari Asosiasi Industri Animasi Indonesia (AINAKI).

“Dari proses tersebut, telah didapat 5 desain dengan nilai tertinggi untuk masuk tahap final. 5 pilihan maskot ini merupakan hasil karya peserta asal Jakarta, Bandung, dan juga Malang. Seluruhnya pun memiliki konsep dan mengangkat inspirasi citra Indonesia secara mendalam,” tutur Vivi.

Kehadiran Indonesia di World Expo 2025 Osaka yang akan digelar pada 13 April hingga 13 Oktober 2025 mendatang, merupakan kesempatan penting untuk menunjukkan identitas dan potensi Indonesia ke mata dunia.

Ajang ini akan menjadi platform untuk memperlihatkan bagaimana Indonesia memanfaatkan warisan budaya dan kekayaan sumber daya, serta menonjolkan kemampuan Indonesia dalam menciptakan solusi inovatif dalam menghadapi tantangan global.

Baca Juga: RAPBN 2025: DPR dan Pemerintah Sepakati Asumsi Kurs Rupiah Rp 16.000 Per Dolar AS

“Momentum ini juga sekaligus mendorong semangat kebersamaan di tengah masyarakat, mendukung kreativitas lokal karya anak bangsa. Sebagai bentuk apresiasi, masyarakat yang terlibat dengan memberikan suara dukungannya juga berkesempatan memenangkan hadiah masing-masing Rp200.000 untuk 20 orang yang beruntung*,” ujar Vivi.

Pemungutan suara dilakukan secara online dan terbuka. Maskot yang terpilih nantinya akan digunakan dalam berbagai materi promosi dan menjadi duta visual Indonesia di sepanjang acara World Expo 2025 Osaka. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi akun sosial media resmi @expo2025indonesia.

Selanjutnya: Berteman Sepi Demi Menjaga Koneksi

Menarik Dibaca: PP Kesehatan Tidak Hanya Berdampak pada Sektor Kesehatan, juga Ekonomi Nasional

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi
Tag
Terbaru