Baterai HP merah? Inilah daftar aplikasi yang menguras baterai dan memori HP Anda

Minggu, 30 Mei 2021 | 10:40 WIB Sumber: Phone Arena
Baterai HP merah? Inilah daftar aplikasi yang menguras baterai dan memori HP Anda


APLIKASI - Tanpa disadari, baterai HP Anda tiba-tiba saja sudah merah. Ada beberapa aplikasi yang menjadi penyebabnya, inilah daftar aplikasi yang paling banyak menguras baterai dan memori HP Anda.

Tidak bisa dipungkiri, hampir kebanyakan orang saat ini tidak bisa lepas dari yang namanya smartphone atau ponsel pintar. Karena fungsinya yang beragam, smartphone kerap kali digunakan oleh sebagian penggunanya untuk membantu beberapa hal terkait pekerjaan.

Lewat aplikasi-aplikasi tertentu, pekerjaan seseorang bisa sedikit lebih mudah dengan adanya smartphone. Namun demikian, tahukah Anda bahwa beberapa aplikasi yang mungkin terpasang di smartphone Anda menguras baterai dan ruang penyimpanan lebih banyak. 

Mengutip dari PhoneArena, situs pCloud membagikan informasi yang cukup menarik terkait aplikasi yang paling banyak menguras baterai dan ruang penyimpanan di smartphone.

 

Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi sebuah aplikasi itu bisa menguras baterai dan ruang penyimpanan secara drastis. Mulai dari penggunaan sensor, akses data hingga aplikasi yang terus berjalan di background.

Seperti yang kita ketahui, beberapa aplikasi membutuhkan izin dari smartphone kita untuk mengakses kontak, wi-fi, kamera, lokasi (GPS) hingga mic. Apabila aplikasi yang membutuhkan akses tersebut terus berjalan, tidak heran baterai maupun ruang penyimpanan bisa terkuras dengan cepat.

Ilustrasi pengguna ponsel

Berikut daftar aplikasi yang paling banyak menguras baterai dan ruang penyimpanan HP Anda menurut pCloud:

20. Linkedin

19. Likke

18. Grindr

17. Telegram

16. Amazon

15. Booking.com

14. YouTube

13. Zoom

12. WhatsApp

11. Snapchat

10. Bumble

9. Tinder

8. Instagram

7. BIGO LIBE

6. Airbnb

5. Facebook

4. Skype

3. Uber

2. Verizon

1. Fitbit

Dari sekian banyak aplikasi di atas, pCloud mengungkapkan bahwa Fitbit merupakan aplikasi yang paling banyak menguras baterai dan ruang penyimpanan HP. Hal tersebut karena aplikasi yang digunakan untuk kegiatan olahraga ini membutuhkan banyak akses.

Mulai dari kamera, lokasi (GPS), mic, dan internet (wi-fi). Menurut pCloud, Fitbit mendapatkan skor paling tinggi dalam studi yang mereka lakukan sebagai aplikasi yang menguras baterai dan memori paling banyak.

Terlepas dari semua itu, beberapa aplikasi sosial media juga mendominasi, sebut saja WhatsApp, Telegram, Snapchat, Instagram hingga Facebook. Aplikasi sosial media juga terus berjalan di background supaya bisa mendapatkan informasi terbaru, termasuk pesan yang terus diperbarui supaya tidak telat masuknya.

Tidak heran, aplikasi-aplikasi tersebut juga menguras baterai dan ruang penyimpanan yang cukup signifikan.

Selanjutnya: WhatsApp siapkan fitur transfer chat ke nomor berbeda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru