Begini 6 cara memilih sepeda gunung terbaik

Selasa, 21 Juli 2020 | 14:33 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Begini 6 cara memilih sepeda gunung terbaik

ILUSTRASI. Mengetahui ukuran bisa Anda jadikan cara memilih sepeda gunung terbaik.


HOBI - JAKARTA. Akhir-akhir ini, bersepeda sedang mewabah di Indonesia. Ada beberapa cara memilih sepeda gunung terbaik.

Di tengah tren gowes, jenis sepeda yang orang-orang pakai pun beragam termasuk sepeda gunung. Jika Anda ingin memilikinya, berikut cara memilih sepeda gunung terbaik mengutip Fullspeedahead.com:

Cari ukuran yang tepat

Cara pertama untuk mendapat sepeda gunung terbaik adalah dengan memilih ukuran yang tepat. Ukur jarak antara sadel dan handlebars serta jarak pedal dan sadel.

Pengukuran yang tepat akan membuat Anda merasa nyaman ketika menaiki sepeda gunung tersebut.

Pilih ukuran ban

Cara memilih sepeda gunung terbaik selanjutnya adalah dengan melihat ukuran ban. Ukuran ban yang cukup mudah dan nyaman adalah 27,5 inci atau 29 inci.

Baca Juga: Tips aman bersepeda yang wajib Anda coba

Tak perlu ringan tapi harus kuat

Berat memang memegang peranan cukup penting dalam memilih sepeda gunung terbaik. Namun, kekuatan sepeda adalah hal lain yang perlu Anda perhatikan lebih dulu.

Sepeda gunung terbaik tidak boleh lemah karena digunakan di medan yang terjal dan penuh batu.

Tak perlu banyak aksesoris tambahan

Untuk mendongkrak penjualan, biasanya banyak produsen atau penjual sepeda yang menambahkan berbagai macam aksesori pada sepeda. Jangan mudah tertarik dengan penawaran seperti itu.

Sepeda gunung terbaik harus dilengkapi dengan aksesori yang memang dibutuhkan. Jika Anda merasa aksesori pada sepeda justru mengganggu, sebaiknya tidak membelinya.

Baca Juga: 4 cara jual sepeda supaya cepat laku

Cek kualitas dari berbagai sumber

Untuk mendapat sepeda gunung terbaik, Anda harus memiliki banyak informasi mengenai kualitas sepeda yang ingin dibeli. Dengan kemudahan teknologi seperti sekarang, Anda bisa mencari spesifikasi sepeda di laman resminya.

Anda juga bisa membandingkan kualitas sepeda di satu toko dengan toko lain yang ada.

Lihat ketersediaan suku cadang

Cara lain mendapat sepeda gunung terbaik adalah dengan melihat suku cadang sepeda. Jika sepeda yang ingin Anda beli memiliki suku cadang yang sudah jarang ditemui, lebih baik pilih model lainnya.

Hal itu perlu Anda lakukan agar tidak kesulitan jika ada suku cadang yang perlu diganti kemudian hari.

Yang tidak kalah penting, jangan lupa untuk menyediakan biaya tambahan untuk membeli perlengkapan agar kegiatan bersepeda Anda lebih aman. Misalnya helm, kacamata dan sepatu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru