Begini aktivitas baru para atlet dunia gara-gara corona

Sabtu, 11 April 2020 | 13:02 WIB   Reporter: Annisa Fadila, Rizki Caturini
Begini aktivitas baru para atlet dunia gara-gara corona

ILUSTRASI. FILE PHOTO: Esports - Renault F1 Esports Facility Tour - Whiteways Technical Centre, Enstone, Britain - November 25, 2019. Jarno Opmeer, F1 Esports driver for Renault Sport Team smiles. Picture taken November 25, 2019. REUTERS/John Sibley/File Photo


DAMPAK VIRUS CORONA - TURIN. Pandemi virus korona (Covid-19) telah mengubah kebiasaan sehari-hari semua orang, tak terkecuali para atlet olahraga. Aktivitas mereka juga terganggu karena jadwal pertandingan di berbagai penjuru dunia ditunda akibat pandemi yang hingga kini masih buram kapan akan berakhir.

Tapi dalam kondisi krisis seperti ini, ada saja ide-ide menarik yang muncul untuk menghibur para pecinta olahraga di dunia yang telah kecewa karena tidak bisa menonton pertandingan seperti biasanya. Di dunia balap mobil misalnya, Formula 1 baru saja mengumumkan peluncuran seri F1 Esport Virtual Grand Prix baru. Pertandingan balap ini akan diikuti oleh sejumlah pembalap F1 yang sejatinya dijadwalkan bertanding di arena balap sesungguhnya.

Adu balap mobil virtual ini berlangsung di setiap Grand Prix yang ditunda. Balapan virtual perdana telah digelar pada 22 Maret 2020 bertajuk Virtual Bahrain Grand Prix. Setiap akhir pekan akan ada balapan berikutnya sesuai dengan jadwal balapan Formula 1 di dunia nyata yang tertunda. Virtual Grand Prix ini dijadwalkan akan berjalan hingga Mei mendatang.

Baca Juga: Sah, Grand Prix Formula 1 Monaco musim 2020 dibatalkan

Balapan pertama dari seri ini menampilkan pembalap F1 saat ini berbaris di grid bersama sejumlah bintang. Setiap pengemudi mengikuti perlombaan dari jarak jauh yang disiarkan langsung dari Gfinity Esports Arena.

Balapan virtual ini menggunakan PC video gim resmi F1 2019 yang dirancang oleh Codemaster. Seri balapan ini disiarkan di saluran resmi Formula 1 di Youtube, Twitch dan Facebook juga di F1.com.

Karena variasi kemampuan pembalap berbeda dalam balapan virtual ini, maka pengaturan pertandingan diatur melalui berbagai cara guna menciptakan pertandingan balapan yang kompetitif namun tetap menghibur. Misalnya ada pilihan anti-lock rem dan kontrol traksi untuk pembalap yang belum terbiasa dengan permainan ini.

Editor: Rizki Caturini

Terbaru