Begini cara mudah menenangkan bayi yang menangis, jangan panik

Kamis, 13 Mei 2021 | 22:00 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Begini cara mudah menenangkan bayi yang menangis, jangan panik

KONTAN.CO.ID - Saat bayi menangis, tentu membuat orang tua menjadi sedih dan panik, terlebih jika mereka menangis terus-menerus. Menenangkan bayi yang menangis dengan cara yang tidak tepat justru membuat mereka semakin histeris. 

Jika dibiarkan menangis, buah hati bisa kelelahan.Ada banyak faktor yang menyebabkan buah hati menangis. Bayi menangis bisa karena lapar, sakit atau bosan. 

Karena belum bisa berkomunikasi dengan kata-kata, bayi menggunakan tangisan sebagai tanda tubuh mereka sakit. Tentu, cara menenangkannya jadi berbeda, tergantung dari penyebabnya. 

Jika buah hati terus menerus menangis dan demam, bisa jadi dia sedang sakit. Segera lakukan pertolongan pertama atau bawa ke dokter untuk pertolongan lebih lanjut. 

Namun saat buah hati tidak demam atau sakit tetapi terus rewel, ada baiknya segera ditenangkan. Simak cara ampuh menenangkan bayi menangis di bawah ini di himpun dari Healthline dan Parents:

  • Menggendong sambil diayunkan perlahan

Cara yang paling mudah menenangkan bayi adalah dengan menggendongnya. Anda bisa menggendong buah hati dengan atau tanpa kain gendongan. 

Saat menggendong bayi, ayunkan perlahan sambil menepuk pelan. Cara ini bisa membuat buah hati lebih tenang.

Pasttikan posisi Anda saat menggendong buah hati benar agar dia nyaman. Anda juga bisa bersenandung kecil agar buah hati bisa lebih terhibur.

Baca Juga: Anak kecanduan gadget? Begini 3 cara mudah mengatasinya

  • Bawa buah hati jalan-jalan

Sama seperti orang dewasa, bayi juga bisa merasakan bosan. Hanya saja mereka mengekspresikan rasa bosan dengan menangis. 

Rasa bosan pada buah hati bisa karena terus berada di ruangan yang sama. Karena itu, sebaiknya Anda mengajak bayi berjalan-jalan setiap hari agar mereka tidak bosan. 

Alihkan perhatian bayi dengan mengajaknya berjalan-jalan. Dengan suasana berbeda, anak bisa lebih tenang. Tangisan mereka juga bisa perlahan berhenti.

  • Memberikan ASI atau makanan

Terkadang buah hati menangis terus karena sedang lapar. Perut yang kosong membuat setiap orang tidak nyaman, begitu juga dengan bayi. 

Berbeda dengan orang dewasa yang bisa langsung mengambil makanan, bayi meminta makan dengan cara menangis. 

Cobalah untuk memberikan ASI atau makanan pada buah hati yang menangis atau rewel. Jika bayi sudah kenyang, mereka dengan sendirinya berhenti menangis. 

Tapi jangan paksakan buah hati untuk makan jika memang ia tidak lapar. Cobalah perhatikan tingkah laku buah hati agar tahu alasan mengapa mereka menangis. 

Baca Juga: Cara mudah mengajari anak, biar bijak mengelola uang angpau Lebaran

  • Kenali apa yang bayi inginkan

Setelah melakukan berbagai cara, mungkin Anda masih bingung mengapa bayi masih menangis tanpa sebab. 

Cobalah untuk menempatkan diri Anda sebagai seorang bayi. Evaluasi lingkungan sekitar yang sekiranya bisa membuat buah hati tidak nyaman. 

Mungkin suara TV yang terlalu keras atau lampu yang terlalu terang. Dengan cara ini Anda bisa lebih memahami apa yang diinginkan bayi. 

Cek tempat tidur, pakaian, hingga popok untuk mengetahui cara menenangkan bayi menangis. Tempat tidur yang basah karena air seni atau popok yang penuh bisa membuat bayi menangis karena tidak nyaman.

Jika pakaian atau tempat tidur yang kotor menjadi alasan bayi rewel, segera ganti dengan yang bersih. 

Selanjutnya: Ini ragam kegunaan cuka apel, mulai dari penghilang ketombe hingga memutihkan gigi

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru