Begini peta persaingan pangsa pasar smartphone tanah air pada kuartal I 2021

Rabu, 12 Mei 2021 | 08:00 WIB Sumber: Kompas.com
Begini peta persaingan pangsa pasar smartphone tanah air pada kuartal I 2021


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Firma riset pasar Canalys kembali merilis laporan pengiriman smartphone untuk kuartal pertama (Q1) 2021. Laporan tersebut berisi jumlah pengiriman smartphone secara global dan regional (negara). 

Berdasarkan data yang diperoleh KompasTekno dari Shengtao Jin, Research Analyst di kantor Canalys Singapura, pasar smartphone di Indonesia masih dikuasai oleh vendor yang sama dengan beberapa kuartal sebelumnya.

Hanya saja, peringkat mereka kini bergeser dibanding kuartal sebelumnya pada 2020 lalu. Pada kuartal pertama 2021 ini, Oppo menggeser posisi Vivo di posisi nomor wahid. Pangsa pasar Oppo di Indonesia kini sebesar 24 %, naik 39 % dari periode yang sama tahun lalu.

Posisi kedua dihuni Samsung yang naik tiga angka dari kuartal IV-2020. Vendor asal Korea Selatan itu meraup 19 % pangsa pasar.

Baca Juga: Murah! Hanya Rp 1 jutaan, Anda sudah bisa bawa pulang ponsel Android ini

Angka tersebut turun 5 % dari periode yang sama tahun lalu. Vivo yang memimpin pada kuartal-IV 2020 lalu, kini tergelincir ke posisi tiga dengan pangsa pasar 19 %. Dibanding periode yang sama tahun lalu, pangsa pasar Vivo saat ini naik 17 %.

Sementara di posisi keempat ada Xiaomi yang mencaplok 18 % pangsa pasar. Kendati turun dari kuartal sebelumnya, pangsa pasar Xiaomi naik 37 % dari periode yang sama tahun lalu.

Senasib dengan Xiaomi, pangsa pasar Realme merosot ke posisi lima dengan persentase 12 %. Angka tersebut naik 39 % dari periode yang sama tahun lalu.

Sayangnya, dalam laporan ini Canalys tidak merinci lebih detail berapa volume smartphone yang dikirimkan masing-masing vendor smartphone.

Vendor Total pangsa pasar (%) Kenaikan/Penurunan (%)
Oppo 24 +39
Samsung 19 -5
Vivo 19 +17
Xiaomi 18 +37
Realme 12 +39

Sumber tabel: data Canalys

Baca Juga: 8 Pilihan HP harga 2 jutaan terbaik bulan Mei, cocok untuk teman lebaran

Editor: Yudho Winarto

Terbaru