Bekraf buat Platform Project Portamento, apa itu?

Jumat, 08 Desember 2017 | 20:08 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Bekraf buat Platform Project Portamento, apa itu?


INDUSTRI KREATIF - JAKARTA. Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) tengah menggodok platform bagi pelaku industri kreatif di bidang musik. Rencananya akan dibuat plaftorm atau aplikasi yaitu Platform Project Portamento. Nantinya ini akan membantu mengatasi berbagai kendala pelaku industri musik.

Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf mengatakan, platform ini penting untuk bisa terwujud karena merupakan jawaban terhadap berbagai masalah yg dihadapi subsektor musik dan pencipta lagu. "Ini juga bisa menjawab tantangan Hak Kekayaan Intelektual yang kerap dihadapi para pelaku industri musik. Mengenai hak cipta," ucap Triawan kepada Kontan.co.id, Jumat (8/12).

Jika ditelisik secara musik, dari arti bahasa Italia, Portamento berarti pergeseran dari not ke not lainnya. Sehingga menurut Triawan projek ini tidak sesederhana yang dianggap. "Jadi ini projek jangka panjang Bekraf," ungkapnya.

Triawan belum bisa memastikan kapan platform ini bakal diluncurkannya. Hanya saja, dengan platform ini pelaku industri musik bisa menggunakan sebagai media pemasaran akan pertunjukkan dan berhubungan langsung dengan konsumen yang akan membeli CD.

"Nanti hasilnya bisa diterima setiap bulan, dan akan terlihat jelas harga dan sudah ada pemotongan pajak juga. Jadi tidak pusing pembajakan CD," sebut ayah Sherina Munaf ini.

Demi meluncurkan platform ini, Bekraf pun akan bekerja sama dengan berbagai pihak. Seperti yang sudah dilakukan dengan program-program Bekraf lainnya yang menggandeng Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Tenaga Kerja dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru