HOME

Bekraf gelar Coding Mum disabilitas 2018

Jumat, 23 Februari 2018 | 11:49 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Bekraf gelar Coding Mum disabilitas 2018

Coding Mum Disabilitas 2018

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mulai tahun 2018, Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) bekerjasama dengan PT Kolaborasi Ide Kreatir menggelar dan memfasilitasi program pendidikan dan pelatihan untuk menghasilkan programmer sebagai alternatif profesi bagi para penyandang disabilitas. Program yang bermana Coding Mum Disabilitas ini juga telah dilaksanakan di tahun 2016 – 2017 dengan sasaran ibu-ibu rumah tangga dan buruh migran Indonesia di luar negeri.

Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari skenario untuk mencapai sasaran strategis Bekraf dalam menyerap tenaga kerja dari sektor industri ekonomi kreatif hingga berjumlah hingga 17 juta di tahun 2019. “Coding Mum Disabilitas diharapkan dapat lebih memberdayakan saudara saudara kita yang karena satu dan lain hal mempunyai kemampuan yang berbeda. Program ini juga sekaligus untuk menjawab tantangan alert coder atau kekurangan tenaga programmer di Indonesia”, ujar Triawan dalam keterangan yang diterima KONTAN, Jumat (23/2).

Kekurangan tenaga programer tersebut semakin terasa ketika ekonomi kreatif yang akan dikembangkan bertranformasi ke digital. Dibutuhkan setidaknya 100.000 programer andal untuk membangun 1000 start up yang berkualitas. Artinya, Satu orang start up akan membutuhkan ratusan orang programmer untuk mendukung usahanya.

Kepala BEKRAF menambahkan penyandang disabilitas dinilai cocok untuk dilatih sebagai tenaga programer karena relatif pekerjaan ini tidak membutuhkan mobilitas aktifitas fisik yang tinggi. Pemrograman justru membutuhkan ketekunan para praktisinya untuk berkonsentrasi penuh dengan aktivitas fisik yang minim. 

Coding Mum Disabilitas rencananya akan dilaksanakan di Jakarta, Bandung, Semarang dan Surabaya. Kelas perdana Coding Mum Disabilitas akan berlangsung 24 Februari – 3 Maret 2018 di Menteng, Jakarta. 

Sebelumnya, program ini telah disosialisasikan pada tanggal 2 Februari 2018. yang bertujuan untuk mengumumkan rencana kegiatan serta merekrut calon mentor.


Editor: Herlina Kartika

Dukungan dari Anda akan menambah semangat kami dalam menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat seperti ini.

Jika berkenan, silakan manfaatkan fasilitas donasi berikut ini.

gopay

Terbaru