Belanda Lolos ke Perempat Final Piala Dunia 2022 Qatar Menyingkirkan Amerika Serikat

Minggu, 04 Desember 2022 | 01:12 WIB   Reporter: kompas.com
Belanda Lolos ke Perempat Final Piala Dunia 2022 Qatar Menyingkirkan Amerika Serikat

ILUSTRASI. NULLTimnas Belanda di Piala Dunia Qatar 2022


PIALA DUNIA 2022 (WORLD CUP 2022) - JAKARTA. Timnas Belanda menjadi tim pertama yang berhasil menapak perempat final Piala Dunia 2022 Qatar. 

Kepastian itu tidak lepas dari keberhasilan timnas Belanda melibas Amerika Serikat pada laga 16 besar Piala Dunia 2022, Sabtu (3/12/2022) malam WIB. 

Bertanding di Khalifa International Stadium, timnas Belanda sukses menumbangkan Amerika Serikat 3-1. Tiga gol penentu kemenangan timnas Belanda dicetak oleh Memphis Depay (10'), Daley Blind (45'), dan Denzel Dumfries (81'). 

Dumfries layak mendapatkan gelar pemain terbaik laga karena juga menjadi kreator gol Depay dan Blind. 

Adapun satu gol balasan Amerika Serikat dibukukan oleh Haji Wright pada menit ke-78. Hasil laga di Khalifa International Stadium kali ini bermakna ganda untuk timnas Belanda.

Baca Juga: Perusahaan China Kuasai Sponsor Piala Dunia 2022 Qatar  

Selain mengantar ke perempat final Piala Dunia 2022, kemenangan atas Amerika Serikat juga mempertajam rekor tak terkalahkan Belanda asuhan Van Gaal menjadi 19 laga beruntun. 

Perincian dari rekor tim berjuluk De Oranje di atas adalah 15 kemenangan dan empat hasil imbang. Louis van Gaal sendiri juga sukses menjaga rekor tak terkalahkan pertandingan waktu normal Piala Dunia bersama Belanda.

Rekor unbeaten waktu normal Van Gaal di Piala Dunia kini mencapai 11 pertandingan. Dikutip dari FIFA, statistik itu menempatkan Van Gaal di peringkat kedua daftar pelatih dengan rekor tak terkalahkan terpanjang dalam sejarah Piala Dunia.

 

Pelatih berusia 71 tahun itu hanya tertinggal satu laga dari legenda timnas Brasil, Luiz Felipe Scolari, yang memimpin daftar tersebut. 

Selanjutnya, timnas Belanda akan menghadapi pemenang dari laga Argentina vs Australia pada perempat final Piala Dunia 2022. 

Ulasan Pertandingan Belanda vs Amerika Serikat: 

Timnas Amerika Serikat tampil lebih mendominasi pada babak pertama dengan persentase penguasaan bola mencapai 63%. 

Namun, timnas Amerika Serikat harus masuk ruang ganti dalam keadaan tertinggal 0-2. Buruknya transisi dari menyerang ke bertahan menjadi penyebab utama timnas Amerika Serikat kebobolan dua gol pada babak pertama. 

Dua gol timnas Belanda dicetak oleh Memphis Depay pada menit ke-10 dan Daley Blind (10'). Skema dua gol timnas Belanda pada babak pertama sangat identik, yakni lewat tembakan kaki kanan di dalam kotak penalti memanfaatkan umpan silang dari sisi kanan.

Kreator atau pemberi assist untuk Depay dan Blind adalah Denzel Dumfries. Gol Depay pada menit ke-10 sangat menarik karena lahir dari rentetan 20 umpan tanpa jeda. 

Dikutip dari Opta, itu adalah gol timnas Belanda dengan jumlah umpan terbanyak di Piala Dunia (data statistik sejak 1966). 

Berlanjut ke babak kedua, Louis van Gaal (Belanda) maupun Gregg Berhalter (Amerika Serikat) kompak melakukan perubahan. Gregg Berhalter tampak ingin menambah daya gedor Amerika Serikat dengan memasukkan bintang Borussia Dortmund, Giovani Reyna. 

Baca Juga: Prediksi Line Up Belanda untuk Laga Belanda vs AS, Sabtu (3/12)

Di lain sisi, Van Gaal menarik keluar Davy Klassen dan Marten De Roon. Kedua pemain itu digantikan oleh Teun Koopmeiners dan Steven Bergwijn. Babak kedua laga Belanda vs Amerika Serikat berjalan terbuka sejak awal. 

Pada sepertiga awal babak kedua, lahir tiga tembakan tepat sasaran dengan dua di antaranya milik Amerika Serikat. Tempo pertandingan kemudian sedikit mengendur ketika memasuki menit ke-70. 

Timnas Belanda kali ini sukses mengambil alih kendali permainan. Tepat pada menit ke-69, Matt Turner melakukan dua penyelamatan beruntun ketika menepis tembakan dan sundulan jarak dekat Memphis Depay.

Pertandingan kembali bergairah setelah Amerika Serikat sukses memperkecil ketertinggalan pada menit ke-77 berkat gol Haji Wright. Menerima umpan silang Christian Pulisic, Haji Wright tampak tidak sengaja mengangkat boa dengan kaki kananya. 

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia 2022: Belanda vs Amerika Serikat Jadi Laga Pembuka 16 besar

Namun, sentuhan Haji Wright itu membuat bola jatuh menggantung masuk ke gawang Belanda. Empat menit berselang, pemain timnas Amerika Serikat mendadak lesu karena kembali kebobolan. 

Gol ketiga timnas Belanda dicetak oleh Denzel Dumfries lewat tendangan voli kaki kiri memanfaatkan umpan silang Daley Blind. Tidak ada gol tambahan tercipta. 

Skor 3-1 untuk keunggulan Belanda bertahan hingga akhir pertandingan. Hasil Belanda vs Amerika Serikat 3-1 (Depay 10', Blind 45' , Dumfries 81'/ Wright 77'). 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hasil Belanda Vs Amerika Serikat 3-1, De Oranje ke Perempat Final Piala Dunia", Klik untuk baca: https://bola.kompas.com/read/2022/12/03/23563048/hasil-belanda-vs-amerika-serikat-3-1-de-oranje-ke-perempat-final-piala-dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Syamsul Azhar

Terbaru