Sport

Belum ingin pensiun, Valentino Rossi gabung ke Petronas Yamaha tahun depan

Sabtu, 26 September 2020 | 14:56 WIB Sumber: Kompas.com
Belum ingin pensiun, Valentino Rossi gabung ke Petronas Yamaha tahun depan

ILUSTRASI. Pebalap Monster Energy Yamaha Valentino Rossi beraksi pada babak kualifikasi MotoGP Austria, di sirkuit Red Bull, di Spielberg, Austria, Sabtu (15/8/2020). REUTERS/Lisi Niesner

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Valentino Rossi memutuskan untuk tetap membalap pada MotoGP 2021. Legenda hidup MotoGP asal Italia itu sebentar lagi akan menandatangani kontrak bersama Petronas Yamaha SRT setelah kontraknya bersama Monster Energy Yamaha berakhir pada akhir musim 2020. 

Dikabarkan, tanda tangan akan terjadi akhir pekan ini. Pada Juli lalu, Rossi mengonfirmasi bahwa dirinya "99 persen" bertahan dan akan bergabung dengan tim satelit Yamaha tersebut. 

Rossi mengatakan bahwa keputusannya untuk tetap balapan tidak mudah. Pengoleksi tujuh gelar kelas premier MotoGP itu sempat ingin pensiun. "Musim lalu, saya sangat frustasi terutama dari seri Mugello, setelah seri pertama, setelah Le Mans ketika saya melakukan beberapa balapan bagus dan meraih beberapa podium, kami 'tersesat'," ucap Rossi kepada Motorsport. 

"Saya sangat berjuang. Mugello adalah mimpi buruk. Kemudian di Catalunya tidak terlalu buruk, tetapi saya mengalami kecelakaan dengan Jorge Lorenzo," kata Rossi mengenang. 

Setelah itu, bencana demi bencana terus diterima The Doctor - julukan Rossi. "Di Assen bencana, di Sachsenring bencana, dan juga balapan pada akhir musim di Aragon atau Valencia," ucap dia. 
"Terlepas dari hasil itu, saya tidak bisa mengendarai motor dengan baik dan saya tidak cukup kuat," ujar Rossi. 

Baca Juga: Rayakan 1 abad, Suzuki GSX-R1000R 100th Anniversary dirilis dengan jumlah terbatas

Namun, setelah itu, Rossi merasa dirinya yakin kembali. "Jadi, saya mengubah sesuatu di tim dengan David Munoz sebagai kepala kru," ucap Rossi. "Apa yang saya pikirkan dari awal musim ini adalah, jika memiliki perasaan yang sama seperti musim lalu, saya butuh berhenti (pensiun)." 

"Namun, kenyataannya situasinya membaik, saya merasa bagus," kata Rossi. "Tentu saja ini (keputusan) sulit, levelnya sudah lebih tinggi, tetapi kami terus bekerja sama dan saya pikir kami bisa kuat," ucap dia. Maka, pebalap berusia 41 tahun itu tak ragu menandatangani kontrak dengan Petronas Yamaha SRT. "Jadi, ya, rangkaian hasil-hasil membuat saya melanjutkan musim depan," ujar Rossi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Alasan Kuat Valentino Rossi Belum Mau Pensiun lalu Putuskan Gabung Petronas Yamaha"

Selanjutnya: Dorong industri pariwisata, Kemenparekraf gelar ICTM 2020

 

Editor: Handoyo .


Terbaru