Belum mati, Asus Zenfone 6 masih dapat dukungan update OS Android 11

Senin, 24 Agustus 2020 | 11:20 WIB   Penulis: Arif Budianto
Belum mati, Asus Zenfone 6 masih dapat dukungan update OS Android 11

ILUSTRASI. Belum mati, Asus Zenfone 6 masih dapat dukungan update OS Android 11

KONTAN.CO.ID - Masih berumur panjang, ponsel Asus Zenfone 6 bakal membuka program beta untuk Android 11. Setidaknya inilah yang baru saja diumumkan ASUS untuk ponsel Zenfone 6 bakal mendapatkan Android 11 dalam waktu dekat.

Asus Zenfone 6 merupakan ponsel rilisan ASUS tahun 2019 lalu yang rilis secara global. Sayangnya di Indonesia sendiri telat, yang mana versi globalnya rilis bulan Mei, sedangkan di sini baru tersedia bulan November.

Baca Juga: Asus Indonesia luncurkan lini laptop ProArt, sasar segmen pasar pengguna profesional

Menjadi ponsel flagship, Asus Zenfone 6 masih cukup layak digunakan di tahun 2020 ini. Oleh karena itu pihak ASUS juga bakal memberikan dukungan software untuk membuat pengalaman pengguna lebih nyaman.

Mengutip dari Gizmochina, Asus Zenfone 6 dikabarkan telah didaftarkan mendapatkan update Android 11 Beta.

Saat rilis, Asus Zenfone 6 ini menggunakan sistem operasi (OS) Android 9 (Pie). Tidak selang berapa lama, ponsel andalan ASUS selain ROG Phone ini mendapatkan update Android 10. 

Asus Zenfone 6 sendiri menggunakan stock Android, artinya sistem antarmuka-nya persis dengan apa yang dibuat Google. Mirip dengan antarmuka yang digunakan oleh ponsel rilisan Google, yakni Pixel.

Dengan kata lain, Asus Zenfone 6 ini tidak terlalu sulit untuk mendapatkan update sistem yang terbaru. Berbeda dengan antarmuka ponsel lain yang juga harus merombak tampilan bawaannya, seperti MIUI, One UI dan lain sebagainya.

Pihak ASUS sendiri membuka pendaftaran program beta Android 11 dalam waktu dekat. JIka Anda berminat, syaratnya, sistem Asus Zenfone 6 yang dimiliki harus memiliki build number 17.1810.2008.171. 

Dengan begitu Anda bisa mendaftarkan Asus Zenfone 6 mengikuti program beta Android 11. Pendaftaran ini dibuka hingga tanggal 4 September 2020.

Caranya juga cukup mudah, tinggal masuk ke menu setting, lalu pilih "system update". Lewat tampilan ini tap ikon bergambar roda gigi di pojok kanan atas. Kemudian  tap "Enroll in the Beta Test Program". 

Jika berhasil, tanggal 9 September nanti Anda akan mendapatkan notifikasi update. Pastikan Anda tidak membuka kunci boot loader Asus Zenfone 6. Jika kadung sudah terbuka, segeralah kunci kembali boot loader-nya.

Editor: Arif Budianto
Terbaru