Benarkah orang bertato lebih impulsif dan gegabah?

Kamis, 12 September 2019 | 10:39 WIB Sumber: Kompas.com
Benarkah orang bertato lebih impulsif dan gegabah?

ILUSTRASI. Membuat tato


GAYA HIDUP - JAKARTA. Ada banyak anggapan pada orang yang memiliki tato. Salah satu riset terhadap 1000 orang di Kanada menemukan, orang bertato terlihat cenderung bertindak lebih impulsif dan ceroboh daripada mereka yang tidak. 

Survei yang dilakukan oleh sekelompok ekonom ini, dilakukan dengan tujuan menemukan mengapa tato menjadi begitu populer, bahkan pengusaha dan masyarakat umumnya cenderung mendiskriminasi orang bertato. 

Survei ini bertanya terhadap 781 orang tanpa tato dan 255 dengan tato, termasuk 68 orang yang dirajah terlihat saat berpakaian lengkap. 

Baca Juga: Pikat investor, NTB menawarkan lima konsep investasi andalan

Selama survei, yang diterbitkan oleh Journal of Economic Behavior and Organisation, para peneliti memasukkan tes moneter yang menawarkan bayaran lebih besar bagi kontestan, jika mereka menunggu bayaran lebih lama. 

Nah, para peserta dengan tubuh tak bertato memilih untuk menunggu agar mendapatkan uang lebih besar. 

Studi ini juga menemukan, peserta bertato menjawab pertanyaan logika sederhana secara impulsif. 

Kepada surat kabar The Times, peneliti berharap temuan itu akan membuat orang berpikir dua kali untuk mentato, namun temuan sifat pada orang yang dirajah dianggap tak selalu buruk. 

Baca Juga: JYP Entertainment jadi perusahaan manajemen artis terbesar

"Terkadang bagus untuk mengambil keputusan dengan cepat. Jika seorang pemain bola basket profesional dan perlu memutuskan apakah akan menembak atau mengoper, kamu tidak akan berunding lebih dulu dengan orang lain," kata profesor Bradley Ruffle. (Kahfi Dirga Cahya)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Orang Bertato Lebih Impulsif dan Gegabah?"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru