Sport

Bentrok dengan Olimpiade Tokyo, jadwal Tour de France 2021 maju seminggu

Rabu, 29 Juli 2020 | 11:36 WIB Sumber: Reuters
Bentrok dengan Olimpiade Tokyo, jadwal Tour de France 2021 maju seminggu

ILUSTRASI. Tour de France

KONTAN.CO.ID -  PARIS. Jadwal Tour de France untuk tahun 2021 bakal dimajukan satu minggu. Menurut International Cycling Union (UCI), hal ini dilakukan untuk menghindari bentrok dengan penyelenggaraan Olimpiade Tokyo yang dijadwalkan ulang di tahun depan. 

Tour de France untuk tahun 2021 diputuskan akan dimulai pada 26 Juni dan berakhir pada 18 Juli, enam hari sebelum balapan sepeda untuk Olimpiade musim panas di gelar. Sebelumnya, gelaran balap sepeda paling bergengsi di dunia ini dijadwalkan mulai pada 2 Juli di Kopenhagen, Denmark.

Sementara itu, Olimpiade Tokyo yang seharusnya digelar pada 24 Juli hingga 9 Agustus 2020, harus ditunda 1 tahun karena pandemi Covid-19. 

Baca Juga: Khawatir Covid-19 merebak, pemerintah Jepang tarik subsidi pelesiran bagi warga Tokyo

"Dengan Olimpiade Tokyo diadakan dari 23 Juli hingga 8 Agustus 2021, tanggal beberapa acara telah disesuaikan," kata UCI dalam sebuah pernyataan yang mengungkap kalender untuk musim ini.

"Perlu dicatat bahwa untuk menghindari tumpang tindih lomba balap sepeda jalan Olimpiade (24, 25 dan 28 Juli) dengan Tour de France (awalnya diperkirakan untuk 2-25 Juli), perlombaan tahap Prancis akan berakhir pada 18 Juli, akhir pekan sebelum akhir pekan pertama Olimpiade. "

UCI juga mengatakan, Tour of California dan RideLondon-Surrey Classic tidak akan menjadi bagian dari kalender barunya, yang terdiri dari 35 acara.

Editor: Anna Suci Perwitasari


Terbaru