Berakhir Imbang, Manchester City vs Liverpool Masih Sengit Buru Gelar Premier League

Senin, 11 April 2022 | 06:59 WIB   Reporter: Ridwan Nanda Mulyana
Berakhir Imbang, Manchester City vs Liverpool Masih Sengit Buru Gelar Premier League

ILUSTRASI. Manchester City


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pertandingan seru tersaji di Etihad Stadium pada Minggu (10/4) malam WIB. Mempertaruhkan puncak klasemen Liga Utama Inggris, duel Manchester City lawan Liverpool berakhir imbang. Dua kali tuan rumah memimpin, dua kali juga tim tamu menyamakan angka.

Dalam laga yang menentukan perburuan gelar Premier League musim ini, kedua tim langsung ngotot untuk menguasai bola sejak awal laga. Lewat serangan kilat, City menebar ancaman pada menit ke-5.

Raheem Sterling nyaris mencetak gol andai kiper Liverpool Alisson Becker tidak lincah mempersempit ruang tembak. Namun, tak sampai satu menit berselang, Kevin De Bruyne berhasil melancarkan tembakan yang sedikit memantul ke bek Liverpool Joel Matip.

Kali ini, Alisson tak kuasa membendung bola. Gol! bola bersarang ke gawang The Reds. Manchester City unggul 1-0.

Baca Juga: Pekan Depan, Bareskrim Periksa Madura United Terkait Kasus Robot Trading Viral Blast

Liverpool langsung bereaksi dengan menusuk pertahanan City. Usaha pasukan Jurgen Klopp membuahkan hasil pada menit ke-13. Andy Robertson meluncurkan umpan lambung ke tiang jauh yang disambut oleh Trent Alexander-Arnold.

Di depan gawang, Diogo Jota sigap menyambar umpan terusan dari Alexander-Arnold yang sukses menjebol gawang City. Liverpool menyamakan angka 1-1.

Tak cukup dengan satu gol, kedua tim gencar menggempur pertahanan lawan. Pasukan Pep Guardiola berulang kali membombardir lini belakang Liverpool, namun Alisson dan kolega masih berhasil mengamankan situasi.

Kiper City Ederson nyaris membuat blunder pada menit ke-22. Menerima umpan balik, Ederson menahan bola terlalu lama di mulut gawang yang nyaris diserobot oleh Jota. Beruntung Ederson bisa lebih cepat membuang bola.

Tak mau ditekan di depan pendukungnya sendiri, City melanjutkan gempuran. Hasilnya, Manchester Biru kembali memimpin pada menit ke-36. Gabriel Jesus yang berhasil selamat dari posisi offside menyambar umpan silang yang tak mampu dihadang Alisson.

Baca Juga: Lionel Messi Teken Perjanjian US$ 20 Juta, Jadi Duta Perusahaan Kripto

City kembali unggul dengan skor 2-1. Sesaat sebelum turun minum, Liverpool punya peluang menyamakan angka andai Jota berhasil memanfaatkan peluang emas di kotak penalti City. Alhasil, hingga babak pertama, skor tidak berubah.

Memasuki babak kedua, Liverpool langsung tancap gas. Tak sampai satu menit, gempuran The Reds sukses membuat pendukung City yang memadati Etihad Stadium terbungkam. Mohamed Salah mengirim umpan terobosan yang mampu disambar oleh Sadio Mane. Skor imbang 2-2.

Jual beli serangan terjadi antar kedua tim. Liverpool dan Manchester City mengincar kemenangan untuk mengamankan puncak klasemen Liga Inggris. City nyaris keluar sebagai pemenang andai gol Sterling di menit ke-63 tidak dianulir wasit.

Sterling yang meneruskan umpan terobosan De Bruyne berhasil menjebol gawang Liverpool. Namun, Video Assistant Referee (VAR) meninjau bahwa gol itu tidak sah lantaran Sterling berada tipis pada posisi offside.

Meski banyak peluang tercipta, tapi tak ada satu pun yang berhasil dikonversi menjadi gol hingga akhir laga. Skor 2-2 bertahan sampai pertandingan usai.

Dengan hasil ini, Liverpool dan Manchester City masih sengit berburu gelar Liga Inggris musim 2021-2022. City masih belum tergeser di puncak klasemen dengan mengoleksi 74 poin dari 31 laga.

Baca Juga: Emtek Grup akan Menayangkan Drawing Fifa World Cup Qatar 2022 Secara Langsung

Liverpool membayangi dengan selisih hanya satu angka. Klub dengan slogan You'll Never Walk Alone tersebut mengantongi 73 poin dari 31 pertandingan.

Manchester City dan Liverpool terpaut jauh dari 18 klub peserta Liga Inggris lainnya. Saingan terdekat mereka ada Chelsea di posisi ketiga yang mengoleksi 62 poin dari 30 laga.

Tak hanya di Liga Utama Inggris, persaingan Liverpool dan Manchester City juga terjadi di Piala FA. Akhir pekan nanti, kedua klub akan kembali berduel di Stadion Wembley dalam laga semifinal Piala FA.

Liverpool dan Manchester City juga masih akan berlaga pada babak perempat final Champions League pada tengah pekan ini. Liverpool akan menjamu Benfica, City akan berduel dengan Atletico Madrid.

Menarik dinanti, tim mana yang bisa mengoleksi gelar juara di musim ini?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru