Wisata

Beralih fungsi jadi masjid, Hagia Sophia gelar salat Jumat perdana

Jumat, 24 Juli 2020 | 13:03 WIB Sumber: BBC
Beralih fungsi jadi masjid, Hagia Sophia gelar salat Jumat perdana

ILUSTRASI. Beralih fungsi menjadi masjid, Hagia Sophia gelar salat Jumat perdana hari ini, 24 Juli 2020. Dok: Turkish Presidency.

KONTAN.CO.ID - ISTANBUL. Setelah Museum Hagia Sophia beralih fungsi menjadi masjid pada 10 Juli 2020 lalu, bangunan bersejarah di Turki ini menggelar salat Jumat perdana setelah 86 tahun di hari ini, 24 Juli 2020.

Mengutip BBC, kemungkinan sekitar 1.000 orang akan mengikuti salat Jumat di Hagia Sophia. Untuk itu, lukisan, mosaik, dan ornamen Kristiani akan ditutup tirai selama salat berlangsung tetapi tetap akan dipajang.

Hagia Sophia merupakan bangunan bersejarah yang berada di Kota Istanbul. Bangunan yang juga disebut Aya Sofya ini merupakan mahakarya arsitektur perpaduan Eropa dan Asia sekaligus tempat bersejarah.

Baca Juga: Museum Hagia Sophia jadi masjid, UNESCO kecewa

Memang, Hagia Sophia telah melalui beberapa perubahan. Mulanya, bangunan tersebut merupakan gereja Ortodoks Yunani. Lalu, Sultan Utsmani merebutnya dan menjadikan Hagia Sophia sebagai masjid.

Presiden Turki pertama Mustafa Kemal Ataturk lalu mengubah Hagia Sophia menjadi museum. Dan kini, bangunan tersebut kembali lagi menjadi masjid.

Meskipun bangunannya sudah beberapa kali berubah fungsi, Hagia Sophia selalu menjadi destinasi wisata favorit di Turki. Bayangkan saja, lebih dari 3,7 juta pengunjung datang ke Hagia Sophia per tahun untuk melihat bangunan bersejarah ini.

Editor: Novianti Siswandini


Terbaru