Berbanderol murah, Aprilia SXR 160 bakal segera jadi rival Yamaha NMAX

Rabu, 09 September 2020 | 15:16 WIB Sumber: Indian Today
Berbanderol murah, Aprilia SXR 160 bakal segera jadi rival Yamaha NMAX


MOTOR RILIS - NEW DELHI. Aprilia SXR 160 kabarnya segera Piaggio rilis. Piaggio merancang seri ini menjadi kelas motor maxi-scooter yang memiliki kemiripan dengan Yamaha NMAX.

Memang, Piaggio merancang dan mengembangkan Aprilia SXR 160 di Italia. Tetapi, pabrikan sepeda motor ini memproduksinya di India.

Mengutip Indiantoday.in, Piaggio menawarkan Aprilia SXR 160 dengan mesin 160cc. Rencananya, skuter ini meluncur di India pada September. Namun, pandemi Covid-19 memaksa peluncuran mundur hingga November.

Rangkaian Aprilia SXR 160 mengambil inspirasi dari konsep Aprilia Cross-Max. Perpaduan antara ujung depan yang hampir mirip sepeda motor dan bodi bergaya skuter maxi.

Baca Juga: Teaser Nissan Z Proto muncul, bakal usung konsep mobil klasik dan sport

Elemen-elemen, seperti footboard yang memanjang dan jok pengendara yang dalam dengan langkah berbeda untuk jok pembonceng, mendefinisikan desain maxi-scooter Eropa. Dari sini tampak kemiripan dengan Yamaha NMAX.

Sementara ujung depan Aprilia SXR 160, Piaggio klaim terinspirasi dari RS 660, yang menambah kesan sporty pada SXR.

Aprilia SXR 160

Aprilia SXR 160 akan mendapatkan kluster instrumen digital multifungsi dengan konektivitas smartphone, lampu depan LED twin-pod. Kemungkinan besar skuter ini akan mendapatkan roda berukuran 12 inci.

Untuk dapur pacu, Aprilia SXR 160 akan menggunakan mesin motor yang sama seperti Aprilia SR. Mesin berkapasitas 160cc itu adalah versi sederhana dari mesin motor 154cc yang ada di Aprilia BS4 SRs.

Baca Juga: Resmi mengaspal di Indonesia, begini penampakan dan harga New Toyota Yaris 2020

Namun, Aprilia SXR 160 ini diklaim performanya telah ditingkatkan untuk memenuhi standar BS6. Angka tenaga dan torsi cenderung sama dan Aprilia seri SR juga.

Dilihat dari kapasitas mesin, Aprilia SXR 160 memiliki kemiripan dengan Yamaha NMAX. Pada Yamaha NMAX, kapasitas mesinnya berkisar 155cc.

Piaggio mengindikasikan, harga Aprilia SXR 160 kemungkinan besar Rs 1,35 lakh atau sekitar Rp 27 juta. Dari harga tersebut, Aprilia SXR 160 lebih murah Rp 2 juta rupiah dari harga motor Yamaha NMAX (Rp 29,75 juta).

Kemungkinan, Aprilia SXR 160 akan disandingkan dengan seri SXR lainnya yang mengusung mesin 125cc.

Selanjutnya: Teaser Honda Forza terbaru muncul, digadang bakal saingi Yamaha TMAX 560

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru