Berburu Kuliner Lezat di Yogyakarta? Ini Dia Rekomendasinya!

Jumat, 26 Agustus 2022 | 18:47 WIB   Reporter: Tim KONTAN
Berburu Kuliner Lezat di Yogyakarta? Ini Dia Rekomendasinya!

ILUSTRASI.

KONTAN.CO.ID - Setiap membahas soal destinasi kuliner di Yogyakarta, pasti tidak ada habis-habisnya. Sebagai kota istimewa, Yogyakarta terkenal dengan surga kulinernya yang beragam. Tak heran jika kota ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Mereka datang untuk mengunjungi kota yang kaya akan destinasi wisata dan tentunya mencicipi berbagai kuliner legendaris di Yogyakarta.

Pernahkah anda mencoba gudeg? Jika anda membahas soal kuliner Yogyakarta, pastinya tak jauh lagi dengan gudeg, kuliner terpopuler di Yogyakarta. Gudeg ini juga menjadi ikon kuliner Yogyakarta. Maka, anda wajib untuk mencobanya jika sempat mengunjungi Yogyakarta. Kini, sudah banyak tempat yang menjual gudeg disana. Dimulai dari warung pinggir jalan, hingga restoran ternama. Anda bisa pilih sesuai selera anda. Bagaimana, apakah anda tertarik untuk mencoba berbagai kuliner lezat dan nikmat di Yogyakarta? Silahkan anda siapkan segala akomodasi untuk berkunjung ke Yogyakarta melalui Traveloka. Anda juga bisa membayar tagihan anda dengan Traveloka PayLater.

Berikut ini adalah rekomendasi kuliner lezat dan nikmat di Yogyakarta yang wajib anda coba. Simak ulasan selengkapnya.

1. Oseng-oseng mercon Ibu Narti

Untuk anda pecinta kuliner pedas, Oseng-oseng mercon Ibu Narti merupakan kuliner yang cocok untuk anda. Kuliner yang satu ini mengolah berbagai jenis bahan makanan seperti kikil, kulit, tulang muda dan gajih. Lalu, dicampur dengan bumbu yang pedas dengan cabai rawit di dalamnya. Makan bersama nasi putih, rasanya tentu sangat lezat dan nikmat. Perpaduan yang pas.

2. Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong ini menjadi salah satu kuliner yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Sate klathak ini merupakan kuliner yang menyajikan sate kambing. Namun, sate klathak ini memiliki keunikannya sendiri. Biasanya, sate ditusuk menggunakan tusuk sate yang terbuat dari bambu. Berbeda dengan sate klathak ini yang ditusuk menggunakan jeruji besi. Fungsinya, agar kematangan pada daging ini lebih merata ketika dibakar. Soal rasa, kamu harus mencobanya karena sate klathak ini memiliki cita rasa yang lezat dan nikmat. Sate Klathak Pak Pong ini berlokasi di Bantul.

3. Angkringan Lik Man

Yogyakarta memang identik dengan angkringannya yang populer. Salah satu yang bisa anda kunjungi adalah Angkringan Lik Man. Sambil menikmati Yogyakarta di malam hari, anda bisa mencoba makan di angkringan yang satu ini. Angkringan Lik Man memiliki menu unik yang sangat populer, yang membuat angkringan ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal hingga mancanegara. Menu tersebut adalah Kopi Joss, yaitu kopi dengan arang panas. Arang panas itu dicelupkan ke kopi sehingga mempertahankan panas pada kopi. Menurut penikmat kopi joss, arang panas ini membuat cita rasa kopi menjadi lebih unik dan tentunya bisa menghangatkan tubuh. Anda bisa mencobanya dengan memesan berbagai menu lain, seperti nasi kucing dengan berbagai isian, sate-satean dan juga gorengan.

4. Gudeg Mbah Lindu

Selain angkringan, Yogyakarta juga identik dengan gudeg. Bagaimana tidak, gudeg merupakan ikon kuliner dari Yogyakarta. Rasanya tak akan lengkap jika belum mencicipi gudeg di tempat asalnya. Salah satu gudeg populer di Yogyakarta adalah Gudeg Mbah Lindu, yang berlokasi di Sosrowijayan. Gudeg yang satu ini terkenal karena sangat legendaris, sudah ada sejak zaman penjajahan. Mbah Lindu sebagai penjual sudah berusia lebih dari seratus tahun. Namun, kini Mbah Lindu sudah tiada dan sempat membuat pecinta Gudeg Mbah Lindu merasa kehilangan. Beliau berjualan dari sejak usia 13 tahun. Ketika Mbah Lindu tutup usia pun gudeg diberikan secara gratis kepada pelayat. Gudeg Mbah Lindu ini selalu dimasak secara tradisional, maka dari itu cita rasa khasnya tidak pernah hilang. Kini, resep gudegnya diturunkan kepada anaknya. Jadi, anda tetap bisa mencicipi gudeg legendaris yang satu ini ketika sedang berkunjung ke Yogyakarta.

5. Mangut Lele Mbah Marto

Mangut Lele Mbah Marto merupakan kuliner lezat dan nikmat yang menyajikan ikan lele. Lele disini diolah dengan cara diasap, lalu dimasak bersama kuah santan kuning dan bumbu mangut. Rasanya lezat dan nikmat, citarasa pedas khas bumbu mangut memang tidak perlu diragukan lagi. Mangut lele ini dimasak dengan cara yang sangat sederhana. Anda bisa melihat langsung proses ketika dimasak karena anda bisa berkunjung ke dapurnya secara langsung. Proses masaknya masih menggunakan tungku. Hal inilah yang mempertahankan citarasa khas dari Mangut Lele Mbah Marto ini.

6. Soto Sampah

Terdengar agak aneh, namun Soto Sampah ini bukan berarti makanan yang kotor. Soto Sampah ini maksudnya adalah soto dengan banyak isian sehingga terkadang membuat piringnya berantakan. Dinamakan Soto Sampah, namun inilah yang menjadikan kuliner yang satu ini populer dan digandrungi oleh masyarakat. Isian dari soto ini ada suwiran daging ayam atau sapi, bihun, dan sayur-sayuran seperti irisan kol dan tauge yang berpadu dengan kuah soto yang lezat dan nikmat.

 

Itu dia rekomendasi kuliner lezat dan nikmat di Yogyakarta, wajib untuk anda coba satu persatu. Tertarik mengunjungi Yogyakarta? Rencanakan perjalanan anda dengan memesan tiket pesawat dan booking hotel melalui Traveloka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Indah Sulistyorini

Terbaru