Bercak Hitam pada Layar HP? Kenali Arti Dead Pixel dan Cara Mengatasinya

Rabu, 05 Juni 2024 | 11:54 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Bercak Hitam pada Layar HP? Kenali Arti Dead Pixel dan Cara Mengatasinya

ILUSTRASI. HP dengan bercak hitam pada layar


GADGET - JAKARTA. Simak cara mengatasi bercak hitam pada layar atau dead pixel. Kondisi perangkat gadget yang terdiri dari cairan tentu memiliki umur pakai dan muncul gangguan.

Salah satu gangguan yang bisa saja muncul pada layar HP maupun Televisi adalah Piksel Mati atau Dead Pixel.

Dead pixel adalah piksel pada layar LCD atau OLED yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Alih-alih menampilkan warna yang seharusnya, dead pixel biasanya tetap mati (hitam) atau terkadang menampilkan warna yang salah (misalnya, tetap merah, hijau, atau biru).

Jika Anda curiga memiliki satu, tetapi tidak yakin, selidiki lebih dekat dengan alat seperti Dead Pixels Test atau CheckPixels.com.

Program ini sering menampilkan warna solid di seluruh layar, memungkinkan mata Anda lebih mudah menemukan piksel yang tidak berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Ini 5 Cara Mengatasi Apple ID Tidak Aktif dan Penyebabnya

Layar HP ada bercak hitam

Dead Pixel tidak dapat diperbaiki dalam banyak kasus, tetapi Anda kadang-kadang dapat menghidupkan kembali piksel tersebut. Kami memiliki beberapa solusi untuk Anda coba sebelum Anda mengirim perangkat Anda untuk diperbaiki.

Dead Pixel tidak sama dengan pixel macet. Piksel ini tampak hampir sama, tetapi ada perbedaan penting. Dead Pixel tidak akan menyala, sedangkan pixel macet terus menyala.

Karena terus menyala, pixel macet biasanya tampak sebagai titik terang yang terus-menerus pada layar, dan berwarna merah, hijau, biru, atau putih. Saat pixel yang bermasalah adalah Dead Pixel, maka akan terlihat seperti kotak hitam kecil.

Penyebab Dead Pixel

Dead Pixel terjadi ketika transistor yang menghidupkannya gagal menyuplai daya, menyebabkan pixel tetap hitam dan tidak pernah menyala.

Penyebab paling umum dari Dead Pixel adalah cacat manufaktur. Kesalahan kecil yang tidak terdeteksi dalam perakitan dapat mengakibatkan beberapa pixel mati di antara jutaan pixel yang berfungsi.

Dead Pixel juga dapat muncul kemudian dalam masa pakai layar, terutama sebagai akibat dari kerusakan fisik.

Baca Juga: Ini 4 Cara Menghubungkan Headphone ke Perangkat Android hingga iPhone

Cara Memperbaiki Dead Pixel

Berikut adalah cara hal yang dapat bisa dicoba untuk memperbaiki Dead Pixel pada layar perangkat apapun, dilansir dari Life Wire.

1. Tunggu Dead Pixel Hilang

Pixel tersebut mungkin menghilang dengan sendirinya, tetapi tidak ada yang tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan. Anda mungkin memiliki Dead Pixel selama sisa masa pakai perangkat, atau mungkin menghilang dalam seminggu.

2. Pakai JScreenFix

Aplikasi web gratis ini memperbaiki banyak pixel macet dalam waktu kurang dari 10 menit. Tidak ada perangkat lunak yang perlu diunduh atau diinstal, dan cocok untuk layar LCD dan OLED. Ini mungkin tidak berhasil jika pixel benar-benar mati daripada macet, tetapi tidak ada salahnya mencoba.

3. Ganti komponen layar

Terakhir, saat solusi sebelumnya sulit untuk diterapkan adalah dengan mengganti layar. Banyak produsen memiliki garansi yang mencakup Dead Pixel, jadi periksa garansi perangkat untuk melihat apakah situasi ini berlaku untuk Anda. Sebagian besar produsen layar memerlukan jumlah minimum Dead Pixel sebelum layar dapat diganti.

Untuk layar seukuran monitor komputer, jumlah minimum biasanya antara empat hingga delapan Dead Pixel. Layar yang lebih kecil memiliki persyaratan minimum yang lebih rendah.

Itulah beberapa penjelasan terkait apa itu dead pixel dan cara mengatasinya dengan tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru