Berevolusi, Microsoft Lens jadi aplikasi scan dokumen dengan fitur lengkap di HP

Rabu, 03 Februari 2021 | 12:39 WIB   Penulis: Arif Budianto
Berevolusi, Microsoft Lens jadi aplikasi scan dokumen dengan fitur lengkap di HP

ILUSTRASI. Berevolusi, Microsoft Lens jadi aplikasi scan dokumen dengan fitur lengkap di HP

KONTAN.CO.ID - Berevolusi, Microsoft merombak aplikasi Microsoft Office Lens menjadi Microsoft Lens saja. Perubahan tidak hanya namanya saja, fitur dan tampilan icon aplikasi tersebut juga ikut berevolusi.

Dengan beberapa fitur baru tersebut, Microsoft Lens menjadi salah satu aplikasi scan dokumen dengan fitur lengkap.

Scan dokumen sekarang semakin mudah dengan beragam aplikasi yang tersedia di smartphone. Sebelum ada aplikasi tersebut, umumnya untuk melakukan scan dokumen membutuhkan alat berupa scanner.

Alat tersebut tidak semungil dan seringkas smartphone pada umumnya. Umumnya, ukuran alat scanner sesuai dengan ukuran maksimal kertas yang bisa dimasukan ke alat tersebut.

Seiring berkembangnya teknologi, kita tidak terlalu membutuhkan alat tersebut. Cukup pasang aplikasi scan dokumen, kita bisa scan dokumen dengan kualitas yang tidak kalah dengan alat scanner.

Baca Juga: Beberapa problem pada game Genshin Impact PC, berikut cara mengatasi

Berbicara tentang aplikasi scan dokumen, Microsoft telah meluncurkan aplikasi bernama Microsoft  Office Lens pada 2014. Pertama kali, aplikasi tersebut tersedia di Windows Phone, kemudian merambah ke Android dan iOS.

Mengutip dari PCMag.com, seiring dengan berjalannya waktu, Microsoft akhirnya melakukan perubahan. Kini, Microsoft Office Lens berubah menjadi Microsoft Lens saja dengan perubahan icon serta fitur yang lebih baik.

Microsoft Lens

Perubahan tersebut diumumkan oleh Sumitra Agarwal, Senior PM Lead untuk Lens di Microsoft lewat Microsoft 365 Blog. Perubahan itu tidak hanya membawa identitas baru saja untuk aplikasi yang berguna untuk memudahkan pekerjaan kantoran ini.

Lebih dari itu, Microsoft Lens membawa fitur baru yang semakin mempermudah para penggunanya.

Baca Juga: Bisnis Microsoft Corp mampu tumbuh di tengah pademi

Kepintaran aplikasi Microsoft Lens mampu menambahkan fitur seperti berikut:

  • Image to Text
  • Image to Table
  • Image to Contact
  • Immersive Reader
  • QR Code Scan

Fitur-fitur baru itu cukup berguna bagi sebagian orang yang berkutat dengan dokumen dalam pekerjaan sehari-harinya. Terutama, mereka yang berhubungan dengan dokumen fisik dan ingin diubah menjadi digital.

Selain itu, Microsoft Lens juga meningkatkan pengalaman scan dokumen yang lebih maksimal. Aplikasi ini bisa melakukan scan dokumen hingga 100 halaman dan disatukan dalam sebuah dokumen PDF atau berupa gambar.

File hasil scan tersebut juga bisa disimpan di memori HP atau via cloud. 

Fitur-fitur baru tersebut belum sepenuhnya siap untuk dirilis. Namun, Agarwal mengatakan, versi Android bakal rilis lebih dulu. Disusul versi iOS yang bakal mendarat bulan berikutnya.

Microsoft 365 juga mendapatkan fitur yang bisa diintegrasikan dengan Microsoft Lens.

Selanjutnya: Aplikasi Netflix di Android mendapat tambahan fitur timer, ini fungsinya

 

Editor: Arif Budianto
Terbaru