Berikut 4 Tips Agar Bisa Survive dan Sukses Saat Kuliah di Luar Negeri

Rabu, 03 Agustus 2022 | 11:29 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Berikut 4 Tips Agar Bisa Survive dan Sukses Saat Kuliah di Luar Negeri

ILUSTRASI. Berikut 4 Tips Agar Bisa Survive dan Sukses Saat Kuliah di Luar Negeri


EDUKASI -  Jika saat ini anda sedang atau akan melanjutkan studi di luar negeri, tentunya banyak sekali tantangan dan rintangan yang akan anda hadapi, dari mulai perbedaan kultur dan budaya yang sangat kontras hingga perasaan rindu negara asal yang kerap datang menghantui saat
tinggal di luar negeri. 

Meskipun begitu, kesempatan untuk bisa kuliah di luar negeri tersebut tidak boleh anda sia - siakan karena hal tersebut merupakan sebuah privilege yang mungkin saja tidak semua orang bisa mendapatkannya. 

Maka dari itu, untuk memastikan agar anda tetap bisa survive dan sukses saat kuliah di luar negeri, Chief Marketing Officer (CMO), Topremit. Henry Wirawan, memberikan beberapa tips berikut ini.

Berikut 4 tips agar bisa survive dan sukses saat kuliah di Luar Negeri

1. Disiplin dan Tetap Fokus

Meskipun pengalaman tinggal di luar negeri untuk waktu yang lama merupakan pengalaman yang cukup menyenangkan karena anda dapat bertemu dengan berbagai macam orang dan kultur yang tidak pernah anda jumpai di negara asal, anda jangan sampai terlena dan hilang fokus. 

Baca Juga: VokasiLand, Menjelajah Mahakarya Teknologi Pendidikan Vokasi

Tetap ingat bahwasanya tujuan utama anda pergi menetap di negara tersebut adalah untuk belajar menuntut ilmu dan menyelesaikan studi anda. Anda harus tetap disiplin dalam menyelesaikan pelajaran - pelajaran di perkuliahan anda dan belajar dengan sungguh -sungguh. 

"Menikmati waktu anda pada saat sedang di luar negeri memang merupakan hal yang menyenangkan, akan tetapi jangan sampai melupakan tujuan awal anda datang ke negara tersebut."  Henry Wirawan dalam keterangannya, Rabu (3/8).

2. Latih Kemandirian 

Mungkin banyak dari kita yang tidak mempunyai keluarga atau kerabat dekat di negara tempat anda menetap untuk berkuliah, maka dari itu Anda perlu memupuk kemandirian karena dengan begitu Anda bisa lebih bertanggung jawab terhadap diri anda saat sedang berada di negara orang. 

Kemandirian tersebut juga akan bisa berdampak positif bagi kepribadian anda secara umum, hal ini pun akan bisa anda bawa ketika pulang ke negara asal dan mulai terjun ke dunia kerja.

3. Jaga Komunikasi 

Meskipun  sedang berada di luar negeri yang jaraknya sangat jauh dari negara asal, jangan sampai membiarkan komunikasi dengan keluarga dan kerabat di negara asal menjadi terbengkalai.

Baca Juga: Tanoto Foundation Bentuk Mahasiswa Jadi Pemimpin Masa Depan dengan Orientasi SDGs

Sekedar bertukar kabar melalui email, atau video call pun sangat ampuh untuk dapat mengobati kerinduan akan kampung halaman.  Di samping itu, komunikasi yang baik juga bisa menghilangkan rasa khawatir yang dirasakan oleh orang-orang terdekat anda di negara asal.

4. Kelola Keuangan

Tidak bisa dipungkiri, biaya hidup saat tinggal di luar negeri terutama di negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Jepang atau Perancis terbilang sangat tinggi jika dibandingkan dengan Indonesia, maka dari itu anda harus pintar-pintar mengelola keuangan anda sebaik mungkin. 

Sah-sah saja mengeluarkan uang untuk sekedar rekreasi maupun refreshing saat sedang berada di luar negeri, akan tetapi jangan sampai malah uang anda habis karena hal tersebut. Catat pengeluaran bulanan anda dan buat perencanaan keuangan secara detail agar terhindar dari pemborosan. 

Akan tetapi, jika sewaktu waktu anda membutuhkan layanan kirim uang ke luar negeri dari Indonesia karena anda kehabisan uang atau keperluan yang bersifat darurat seperti biaya pengobatan karena jatuh sakit, Anda tidak perlu khawatir karena anda, keluarga serta kerabat anda di rumah bisa dengan mudah mengirimkan uang melalui Topremit.

Baca Juga: Masih Dibuka, Ini Syarat Daftar Jalur Mandiri Reguler Unair 2022 dan Biaya UKT-nya

Topremit merupakan layanan pengiriman uang ke luar negeri secara murah dan cepat. Disamping itu, Topremit mendukung pengiriman uang ke lebih dari 60 negara dengan biaya yang sangat terjangkau dengan sistem biaya transfer flat mulai dari Rp 45.000 tergantung negara yang dituju. 

Ditambah dengan kurs yang rendah dan transparan, proses pengiriman uang ke luar negeri dengan Topremit pun amatlah cepat dan singkat, hanya dalam waktu mulai dari 5 menit, uang yang dikirim sudah bisa sampai di rekening tujuan di luar negeri.

Anda tinggal akses website Topremit atau unduh aplikasi nya di perangkat smartphone anda dan tinggal ikuti instruksi yang diberikan. 

Anda cukup registrasi akun topremit anda, selanjutnya pilih negara tujuan dan nominal uang yang ingin dikirim serta isi detail pihak penerima uang yang dikirimkan, lalu selesaikan transaksi anda dengan membayar lewat M-Banking bank manapun maka uang sudah bisa sampai ke rekening tujuan dengan cepat dalam waktu mulai dari 5 menit.

Topremit sudah mengantongi izin dari Bank Indonesia dengan nomor lisensi 11/11/MDN/1 sehingga anda tidak perlu khawatir terhadap keamanan pengiriman uang ke luar negeri melalui Topremit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru