Otomotif

Berkendara di cuaca panas, ini tips agar bisa menikmati perjalanan

Jumat, 03 Juli 2020 | 14:30 WIB Sumber: Visordown
Berkendara di cuaca panas, ini tips agar bisa menikmati perjalanan

ILUSTRASI. Tetap sejuk dalam perjalanan berkendara.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Saat cuaca panas, aktivitas berkendara memungkinkan Anda merasakan hawa yang panas pada tubuh. Tentunya hal tersebut harus dihindari agar perjalanan Anda dapat dinikmati. Melansir dari Visordown, berikut beberapa tips agar terhindar dari panasnya di perjalanan dan tetap sejuk 

1. Tenang dan nikmati pemandangannya di sekitar

Berkendara dengan kecepatan lebih cepat pasti akan meningkatkan sirkulasi udara di sekitar Anda tetapi hanya akan membuat Anda bekerja lebih keras secara fisik dan meningkatkan suhu di dalam pakaian Anda, belum lagi penggunaan elektrolit dalam tubuh akan turun lebih cepat. Tentunya anda harus menikmati setiap pemandangan karena momen tersebut hanya satu kali saja.

2. Beristirahatlah secara teratur.

Jika Anda melakukan perjalanan panjang, tentunya Anda harus mengatur waktu untuk menepi di jalan. Bisa dengan lepaskan helm Anda dan minumlah agar terhindar dari dehidrasi. 

Jika petualangan Anda jauh, maka rencanakan pemberhentian Anda, tentu cari tahu terlebih dahulu jika terdapat tempat yang mampu memanjakan mata. 

3. Buka ventilasi pada helm maupun celah pakaian.

Ventilasi-ventilasi memiliki peran penting untuk memberikan sirkulasi yang cukup, baik di pengaman helm maupun pakaian Anda. 

Memperhatikan cara pemilihan pakaian juga mampu membantu aliran udara di sekitar Anda tetap terjaga. Hal ini dapat membuat perbedaan yang besar jika dilakukan di cuaca yang panas.

4. Kenakan perlengkapan berwarna hitam Anda

Jadi kita semua tahu pakaian dengan warna gelap akan menyerap panas, menjadikannya warna terburuk untuk dipakai di cuaca yang panas. Faktanya itu sebenarnya kesalahpahaman umum. Ahli fisika memberi tanggaan bahwa warna gelap menyerap dengan benar.

Tentunya hal ini membuat Anda lebih dingin dan sejuk, sedangkan pakaian warna putih memantulkan kembali panas. Jadi hitam harus menjadi pilihan Anda jika Anda memilikinya.

5. Tetap terhidrasi dengan minum teratur

Pastikan Anda yang ingin bepergian selalu membawa air. Tentunya Anda harus minum cairan secara teratur baik sebelum, selama dan setelah perjalanan anda dimulai. Sediakan air dengan botol di tas Anda atau berhenti sejenak untuk mencari air minum. 

Tentunya tips tersebut membuat anda dapat menikmati perjalanan tanpa takut dehidrasi ataupun terkena panas yang menyengat. 

Editor: Bimo Kresnomurti


Terbaru