Berkendara nyaman menunggang MPV

Jumat, 18 Maret 2011 | 10:03 WIB Sumber: Harian KONTAN, 18 Maret 2011
Berkendara nyaman menunggang MPV

ILUSTRASI. Berlian 59,60 karat yang dikenal sebagai 'The Pink Star', berlian pink Internally Flawless Fancy Vivid terbesar yang pernah dinilai oleh Geological Institute of America (GIA), menjelang pelelangannya di Hong Kong bulan depan oleh Sotheby's yang diperkirak


Di Indonesia, masyarakat sangat meminati mobil keluarga. Maklum, sifat kekeluargaan di Indonesia amat tinggi. Jadi, mobil tak hanya mengangkut keluarga ini - bapak, ibu dan anak- tapi juga keluarga besar. Hal ini kerap terjadi saat mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Tak perlu heran, Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) berlomba-lomba menggenjot produksi dan memasarkan mobil keluarga. Tak berhenti di situ. ATPM juga melakukan berbagai pengembangan inovasi ,seperti teknologi dan gaya kekinian mobil keluarga. Tujuannya agar terlihat kinclong dan mampu memenangkan persaingan pasar mobil di Indonesia.

Salah satu ATPM yang menikmati manisnya pasar mobil keluarga adalah Astra Daihatsu Motor. Mobil keluarga tipe Daihatsu Xenia produksi ATPM ini laris manis. Maklum, bukan cuma kapasitasnya yang mampu memboyong seluruh anggota keluarga, tetapi juga kenyamanan dan model mobil keluarga yang cukup gaya. Di samping itu, harganya terjangkau bagi kantong keluarga-keluarga Indonesia.

Direktur Pemasaran Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra menuturkan, sejak diproduksi pada tahun 2004, mobil keluarga bermoncong itu merajai pasar dan nyaris tak tertandingi. Tahun lalu, penjualan Xenia meroket hingga 5.500 per bulan. "Pencapaian itu menopang 50% dari total bisnis penjualan mobil produksi Daihatsu," ujarnya kepada KONTAN, Kamis (17/3).

Selain Daihatsu Xenia, Daihatsu juga mengandalkan tipe Daihatsu Luxio. Hingga akhir tahun lalu, penjualan Luxio laku sebanyak 800 unit. Wajar saja, kedua mobil keluarga keluaran Daihatsu tersebut laris manis. Lantaran ber-cc imut-imut, keduanya irit bahan bakar. Juga mendapat dukungan jaringan suku cadang yang kuat di seluruh indonesia.

Amelia mengakui, setelah dua sampai tiga tahun pemakaian, harga mobil keluarga keluaran Daihatsu ini akan menyusut. “Tapi, saya kira, keluarga Indonesia masih akan memilih Xenia sebagai tren mobil keluarga saat ini,” terang dia.

Tak mau ketinggalan, PT Suzuki Indomobil juga menawarkan dua opsi mobil keluarga yang nyaman. Untuk keluarga besar, misalnya, Suzuki Indomobil merekomendasikan jenis APV untuk berkendara nyaman. Kapasitasnya lega, dengan harga relatif murah tanpa melupakan kualitas dan mutu sebagai mobil keluarga.

Selain APV masih menjadi andalan, Indomobil juga sedang menghadapi permintaan yang tinggi pada produk Splash. Mobil ini cocok untuk keluarga muda yang memiliki dua anak untuk berkendara di dalam dan luar kota.

Mobil produksi terbaru Suzuki ini cukup stylish. Tidak hanya itu, mobil keluarga Splash juga irit bahan bakar, perawatannya cukup mudah, dan ditunjang dengan suku cadang lengkap untuk mendukung perawatan mobil yang baik.

Direktur Pemasaran Suzuki Indomobil Endro Nugroho mengaku, kendaraan roda empat dengan tampilan gaya serta tepat guna sangat ideal bagi keluarga Indonesia. “Di Suzuki Indomobil, sarana transportasi keluarga tipe APV dan Splash ini bahkan banjir permintaan. "Saking tingginya permintaan pasar, peminat yang memesan APV dan Splash sebagai mobil keluarga pilihan mereka terpaksa harus mengantre,” klaim Endro.

Nah, bicara MPV saat ini tentu harus berbicara tentang Avanza. Maklum, mobil ini cukup populer di kalangan masyarakat sehingga mendapatkan julukan sebagai mobil sejuta ummat. Menurut Humas Toyota Astra Motor Rouli Sijabat di Februari lalu, Avanza memberikan kontribusi terbesar terhadap penjualan total mobil Toyota di bulan Januari 2011.

Lima mobil terlaris Februari

Per Januari, total penjualan mobil nasional versi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sebesar 74.608 unit. Pencapaian ini naik sekitar 23,2% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, tercatat sebanyak 60.516 unit. Namun di bulan Februari turun menjadi 69.489 unit. Penurunan ini akibat jumlah hari libur yang cukup banyak di bulan kedua tahun ini tersebut.

Versi Gaikindo, penjualan mobil di bulan Februari 2011 melahirkan lima mobil paling laris. Mereka adalah Avanza (13.628 unit) Xenia (5.018), Kijang Innova (4.012), Suzuki APV (1.999) dan Honda Jazz (1.987).

ATPM yakin penjualan mobil di tahun ini akan tetap sesuai target, yakni sebesar 800.000 unit. Selain pembatasan BBM belum terlaksana, para ATPM memiliki berbagai program marketing untuk memikat konsumen.

Anda berminat membeli mobil keluarga? Lihat dulu berbagai program pemasaran para ATPM dan sesuaikan dengan anggaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Test Test

Terbaru