Bertempat di Sungai Siene, Pembukaan Olimpiade 2024 Digelar Sabtu (27/7) Dini Hari

Jumat, 26 Juli 2024 | 10:55 WIB Sumber: Olympics
Bertempat di Sungai Siene, Pembukaan Olimpiade 2024 Digelar Sabtu (27/7) Dini Hari

ILUSTRASI. Cincin Olimpiade terpasang di Menara Eiffel, Paris, Prancis, Rabu (24/72024). Cincin Olimpiade berdiameter sekitar 9 meter dengan keseluruhan lebar struktur 29 meter dan tinggi 13 meter manjadi daya tarik di monumen ikonik Paris itu jelang pembukaan Olimpiade Paris 2024 pada 26 Juli 2024. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/rwa.


OLIMPIADE PARIS 2024 - Perhelatan olahraga terbesar di dunia akan segera dimulai. Upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024 akan dimulai pada hari ini (Jumat 26/7) pukul 17.45 waktu setempat atau 00.45 wib dini hari.  

Berbeda dari sebelumnya, untuk pertama kalinya dalam sejarah upacara pembukaan Olimpiade Musim Panas tidak akan dilangsungkan di stadion. Tuan rumah Paris membuat terobosan dengan merencanakan upacara di jantung kota yaitu di sepanjang Sungai Siene.

Melansir Olympics.com, nantinya akan dilangsungkan parade atlet di Sungai Siene dimulai dari Pont d'Austerlitz ke Pont d'Iena dengan menggunakan perahu yang mewakili delegasi masing-masing negara. Setiap perahu tersebut akan dilengkapi dengan kamera sehingga penonton bisa melihat para atlet dari dekat.

Berangkat dari Timur ke Barat, sebanyak 10.500 atlet akan melintasi pusat kota Paris. Setelah melewati rute sepanjang 6 km, parade ini berakhir di depan Trocadéro, tempat sisa protokol Olimpiade dan pertunjukan final akan berlangsung.

Baca Juga: Jelang Pembukaan Olimpiade, Paris Terasa Seperti Penjara

Kalaupun tak bisa menonton langsung, ada delapan puluh layar raksasa dan speaker yang ditempatkan secara strategis agar memungkinkan semua orang menikmati suasana magis pertunjukan pembukaan tersebut.

Ini akan menjadi kali kedua dalam sejarah pembukaan Olimpiade diselenggarkan di luar stadion. Sebelumnya, upacara pembukaan di luar stadion juga sempat dilakukan di Olimpiade Remaja Musim Panas pada 2018.

Masyarakat Indonesia yang ingin menyaksikan siaran langsung upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024, acara ini akan ditayangkan pada Sabtu, 27 Juli 2024, dini hari sekitar pukul 00.45 WIB.

Baca Juga: Ini Cara Nonton Siaran Langsung Upacara Pembukaan Olimpiade Paris 2024

Ada beberapa cara untuk menonton siaran langsung ini:

- Saluran Televisi Nasional SCTV - SCTV akan menyiarkan upacara pembukaan secara langsung, sehingga Anda dapat menikmati momen bersejarah ini melalui televisi.

- Platform Streaming Vidio - Upacara pembukaan juga akan ditayangkan melalui platform video streaming Vidio. Selain upacara pembukaan, Vidio juga akan menyiarkan seluruh rangkaian kegiatan Olimpiade Paris 2024 dari 26 Juli hingga 11 Agustus 2024.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Putri Werdiningsih

Terbaru