Gadget

Biar akun Zoom meeting makin aman, ini cara aktifkan fitur two-factor authentication

Senin, 14 September 2020 | 11:48 WIB   Reporter: Arif Budianto
Biar akun Zoom meeting makin aman, ini cara aktifkan fitur two-factor authentication

ILUSTRASI. Biar akun Zoom meeting makin aman, ini cara aktifkan fitur two-factor authentication

KONTAN.CO.ID - Asyik! aplikasi Zoom Meeting sudah semakin aman nih. Update terbarunya membawa fitur Two-Facter Authentication yang bisa membuat akun Zoom Anda semakin aman.

Sebagaimana kita ketahui, pandemi Corona telah melanda berbagai negara, termasuk Indonesia. Sebagian kegiatan di luar sana terpaksa digantikan secara daring.

Seperti kegiatan rapat, sekolah hingga kegiatan yang mengharuskan pertemuan lainnya kini menggunakan bantuan aplikasi. Salah satu aplikasi meeting populer saat ini yakni Zoom.

Meski pada awalnya terdapat kontroversi mengenai keamanan dari Zoom Meeting. Lewat update terbarunya Zoom meeting bakal memperbaiki sisi keamanannya.

Mengutip dari Gadgetstouse.com, fitur two-factor authentication meningkatkan keamanan akun Zoom meeting Anda. Dengan fitur ini akun Zoom Meeting Anda tidak mudah dibobol, sebab lapisan keamanannya ditambah.

Dengan mengaktifkan two-factor authentication mengharuskan Anda untuk memasukan nomor HP. Hal ini untuk memastikan bahwa yang login ke Zoom meeting benar-benar akun yang dimiliki oleh orang aslinya.

Saat login Anda akan menerima kode sms yang harus dimasukan ke Zoom meeting. Sehingga bisa dikonfirmasi bahwa pemilik akun aslinya benar-benar Anda.

Bagaimana cara mengaktifkan two-factor authentication di Zoom meeting?

Baca Juga: Zumping, istilah putus cinta lewat Zoom saat physical distancing

Mengaktifkan two-factor authentication

Masih mengutip dari Gadgetstouse.com, berikut cara mengatifkan two-authentication di Zoom meeting di komputer/PC/laptop:

  1. Buka aplikasi Zoom meeting, kemudian masuk dengan akun Anda.
  2. Buka menu setting yang bergambar roda gigi di pojok kanan atas.
  3. Arahkan ke menu Profile. Setelah itu pilih menu View Advanced Features.
  4. Anda akan di arahkan ke sebuah halaman web di browser. Pilih Profile dan temukan Two-Factor Authentication.
  5. Pengaturan awal Two-Factor Authentication masih 'turn off'. Anda tinggal mengaktifkannya saja.
  6. Anda bisa memilih metode Two-Factor Authentication lewat aplikasi Zoom meeting di HP atau lewat SMS.

Untuk mengaktifkan fitur two-factor authentication Zoom meeting lewat HP seharusnya tidak jauh berbeda dengan cara di atas.

Cukup mudah bukan? Fitur two-factor authentication ini akan menambahkan lapisan keamanan baru saat login. Jadi tidak hanya memasukan e-mail dan password saja saat login.

Anda juga harus mengkonfirmasi lewat kode SMS yang diterima di HP Anda atau notifikasi yang muncul di Zoom. Dengan begitu akun Zoom meeting Anda tidak mudah dibobol oleh oknum yang ingin bertindak jahat.

Selanjutnya: Tidak sulit, berikut cara ganti background Zoom di HP

 

Editor: Arif Budianto


Terbaru