Otomotif

Biar libur panjang akhir pekan aman, jangan tinggalkan barang ini di dalam mobil

Rabu, 28 Oktober 2020 | 15:45 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Biar libur panjang akhir pekan aman, jangan tinggalkan barang ini di dalam mobil

ILUSTRASI. Biar libur panjang akhir pekan aman, jangan tinggalkan barang ini di dalam mobil. KONTAN/Muradi/2019/05/15

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Libur panjang akhir pekan bisa dihabiskan dengan perjalanan bersama keluarga. Salah satu moda transportasi yang aman dan kerap digunakan adalah mobil pribadi. 

Ada kalanya meninggalkan barang di dalam mobil pribadi diperlukan untuk tujuan kepraktisan. Terlebih saat mobil sudah terparkir dengan baik, hindari meninggalkan barang-barang tertentu dengan alasan kesehatan maupun keamanan.

Beberapa barang perlu dipertimbangkan untuk tetap dibawa keluar dari mobil atau disimpan dengan aman di dalam mobil. 

Kontan.co.id merangkum dari laman resmi Honda Indonesia dan Mitsubishi Motor Indonesia, beberapa barang-barang yang sebaiknya tidak ditinggalkan dalam mobil.

Baca Juga: Layanan terbaru Mitsubishi: Jual beli mobil bekas bersertifikat

Yuk, simak daftar barang yang sebaiknya tidak ditinggalkan di dalam mobil:

1. Makanan

Barang yang sebaiknya tidak ditinggalkan dalam mobil adalah Makanan. Makanan yang tinggal di dalam mobil dalam jangka waktu lama, seperti permen dan coklat yang mudah meleleh dan berpotensi mengotori kabin.

Selain itu, ada makanan yang cenderung memiliki bau yang menyengat seperti buah-buahan dapat menyebabkan bau menempel kuat pada kabin.

Di faktor kesehatan, tentu makanan tersebut tidak mendapat udara dan suhu yang normal. Sehingga menyebabkan penurunan kualitas makanan. Tentu akan berbahaya ketika tetap dikonsumsi.

2. Powerbank dan alat elektronik

Barang yang sebaiknya tidak ditinggalkan dalam mobil kedua yakni perangkat elektronik. Hindari meletakkan barang berharga seperti laptop, kamera dan handphone di dalam mobil.

Barang-barang tersebut memancing potensi menjadi adanya tindakan pencurian. Selain itu, meninggalkan barang elektronik dalam suhu yang panas juga berpotensi merusak komponen yang ada di dalamnya.

Perhatikan juga komponen elektronik seperti baterai pada perangkat powerbank. Baterai powerbank mengandung lithium-ion yang dapat mengembang dan tingkatan suhu tertentu bisa meledak.

Baca Juga: Incar harga mobil bekas murah? Ada Hyundai Accent tahun segini mulai Rp 25 juta

3. Botol Air Plastik

Barang yang sebaiknya tidak ditinggalkan dalam mobil selanjutnya yakni botol air plastik. Botol air plastik transparan dan digunakan sekali pakai biasa ada di dalam mobil. Lebih baik, botol plastik sekali pakai tidak diletakkan di dalam mobil terutama saat parkir di tempat yang tidak terlindung cahaya matahari.

Plastik tersebut biasanya mengandung Bisphenol A (BPA), yang berbahaya apabila diletakkan di suhu panas dan terkena sorotan matahari cukup lama. Lapisan BPA dapat merembes keluar dari plastik dan bercampur dengan minuman yang ada di dalam botol. Hal tersebut berbahaya bagi kesehatan, karena BPA salah satu pemicu terjadinya penyakit kanker.

4. Kacamata

Berikutnya, barang yang sebaiknya tidak ditinggalkan dalam mobil adalah kacamata. Kacamata diperlukan saat berkendara di tengah terik, terutama kacamata hitam. Namun ternyata barang ini juga bisa berbahaya ketika ditinggal di kabin mobil. Terlebih ketika kacamata tersebut berada di atas dashboard mobil.

Kacamata memiliki sifat yang sama dengan kaca pembesar di bagian tertentu yang dapat memicu titik api ketika terkena cahaya matahari.

Titik api ini dapat menyambar ke bagian lain yang mudah terbakar, seperti bahan yang terbuat dari plastik atau karet. Lebih baik kacamata diletakkan pada tempat penyimpanan khusus kacamata.

Untuk menghindari risiko buruk bagi kesehatan dan keamanan pastikan beberapa benda di atas dianjurkan untuk tidak ditinggalkan pada kabin mobil Anda, ya. 

Selanjutnya: Tetap gahar, ini penampakan Nissan Navara facelift lewat teaser dan bocoran foto

Editor: Bimo Kresnomurti


Terbaru