Sport

Biar semangat berolahraga secara rutin, ini 5 cara memotivasi diri

Selasa, 12 Januari 2021 | 20:35 WIB   Penulis: Mega Putri
Biar semangat berolahraga secara rutin, ini 5 cara memotivasi diri

KONTAN.CO.ID - Pandemi Covid-19 membuat semua orang harus menjaga kebersihan. Tidak hanya itu, kesehatan dan daya tahan tubuh juga. Salah satunya dengan rajin berolahraga.

Namun, seringkali kesibukan maupun beragam alasan lainnya membuat seseorang mulai malas melakukan olahraga ringan maupun berat. 

Jangan khawatir, ada banyak cara untuk memotivasi diri agar semangat berolahraga. Simak 5 cara agar semangat berolahraga menurut Kementerian Ketenagakerjaan. 

Ajak teman atau pasangan

Tidak semua orang senang melakukan aktivitasnya sendiri. Bagi yang ingin aktivitas olahraganya ramai, maka ajak teman dekat, keluarga, maupun pasangan Anda. Ini dapat menambah motivasi semangat berolahraga.

Baca Juga: 8 Kucing lucu dan pintar yang mencuri perhatian penonton di film-film populer

Bangun lebih pagi

Olahraga sering dilakukan di sela waktu luang bekerja. Namun, suasana pagi hari yang masih sepi dan udara yang masih bersih akan menambah motivasi untuk semangat olahraga. Semangat berolahraga dapat dimulai dengan bangun lebih pagi. 

Menetapkan tujuan olahraga

Bagi Anda yang senang olahraga berlari atau bersepeda, sebaiknya mulai menetapkan tujuan olahraga. Salah satunya dengan menentukan rute perjalanan kaki atau sepeda sebelum mulai berolahraga. 

Selain itu, tentukan juga berapa lama waktu yang akan dihabiskan untuk olahraga. Menetapkan tujuan olahraga seperti ingin fokus mengencangkan otot atau mengurangi lemak dapat membuat Anda lebih fokus memilih jenis olahraganya. 

Baca Juga: Syuting drama Korea terbaru, Hyeri mendapatkan dukungan dari pemeran Reply 1988

Olahraga

Mulai olahraga ringan

Jika selama ini jarang olahraga, maka jangan langsung melakukan olahraga berat dalam waktu lama.

Mulai lah melakukan olahraga-olahraga ringan dengan durasi yang tidak terlalu lama. Aktivitas olahraga yang tidak berat dapat menjadi motivasi untuk tetap semangat berolahraga. 

Buat catatan pribadi

Buat catatan pribadi tentang jadwal olahraga rutin dalam seminggu atau durasi olahraganya. Anda juga dapat membuat catatan pribadi seperti berapa banyak berat badan turun dalam 1 minggu atau 1 bulan.

Cara ini dapat memotivasi semangat olahraga demi tubuh sehat dan mencapai target pribadi.

Selanjutnya: 5 Cara meningkatkan konsentrasi dalam bekerja, bagi yang sering kurang fokus

Editor: Mega Putri
Terbaru