Biar Tidak Salah Pilih, Ini Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Cepat Dapat Kerja

Kamis, 12 Januari 2023 | 12:22 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Biar Tidak Salah Pilih, Ini Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Cepat Dapat Kerja

ILUSTRASI. Biar Tidak Salah Pilih, Ini Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Cepat Dapat Kerja. ( The Yomiuri Shimbun )


KONTAN.CO.ID -  Jurusan kuliah menjadi salah satu faktor seseorang bisa cepat mendapatkan pekerjaan atau tidak. Memilih jurusan kuliah harus dipikirkan dengan matang agar tidak menyesal di kemudian hari. 

Pasalnya pendidikan selama kuliah menjadi bekal utama  untuk meraih kesuksesan di masa depan, bahkan menjadi jalan untuk meniti karier.

Minimnya jumlah lapangan pekerjaan yang tidak sesuai dengan jumlah pelamar, membuat lulusan harus memilik skill keahlian yang tidak dimiliki pelamar lain agar mereka mampu bersaing.

Baca Juga: Pilihan SNPMB 2023, Ini 16 Kampus Terbaik di Indonesia versi QS WUR 2023

Junaidi Fery Efendi Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan Alumni dan Inovasi (BAKAI) Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya menyebut banyak sebagian besar orang justru tidak bekerja atau berkarier sesuai dengan jurusan kuliah yang mereka tempuh.

Tips memilih jurusan kuliah

Junaidi membagikan sejumlah tips cara memilih jurusan kuliah yang tepat agar seseorang bisa menikmati proses belajar dan mendapatkan hasil maksimal.

1. Mengenali minat dalam diri. 

Memahami minat dalam diri akan mempermudah seseorang untuk menemukan jurusan. Mulailah dengan menggali kebiasaan yang sering dilakukan selama ini.

“Jika minat dalam diri sudah ditemukan, seseorang akan menikmati proses belajar dengan menyenangkan. Seseorang dengan jurusan kuliah yang tepat akan lebih siap menghadapi berbagai tantangan,”kata Junaidi.

2. Melakukan tes kepribadian sebelum memilih jurusan. 

Pada usia belasan tahun, remaja masih belum menemukan jati dirinya yang sebenarnya, sehingga tes kepribadian ini akan mengukur dan memberikan gambaran umum tentang diri terkait berbagai hal.

“Saat ini sudah banyak tes kepribadian yang bisa ditemukan, sehingga seseorang tidak perlu kesulitan untuk melakukan tes ini,”imbuhnya lagi.

Baca Juga: Sudah Registrasi Akun SNPMB 2023 Tapi Belum Dapat Email Aktivasi? Coba Langkah Ini

3. Meminta masukan dari orang tua atau orang lain. 

Diskusikan dengan orang yang memiliki pengalaman tentang kegelisahan yang dialami. Sampaikan dengan jelas kebingungan yang dialami, lalu mintalah saran sehingga menemukan berbagai pertimbangan untuk menentukan pilihan jurusan.

4. Pilih jurusan yang tepat dan cocok. 

Memilih jurusan kuliah yang tepat penting dilakukan sebagai pertimbangan yang matang dan tepat.

“Pastikan memilih jurusan kuliah sesuai minat, sehingga kelak bisa menikmati proses kuliah dan mendapatkan hasil yang maksimal,”pungkas Dosen Matematika tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru