Bikin bangga, ini 5 fakta menarik tentang bahasa Indonesia yang jarang diketahui

Rabu, 04 Agustus 2021 | 11:22 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Bikin bangga, ini 5 fakta menarik tentang bahasa Indonesia yang jarang diketahui

ILUSTRASI. Bikin bangga, ini 5 fakta menarik tentang bahasa Indonesia yang jarang diketahui. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/kye/17.

KONTAN.CO.ID -  Bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Bahasa ini memiliki beberapa fakta menarik yang membuat bangga namun belum banyak diketahui. 

Selain di negara kita, bahasa Indonesia juga dipelajari di banyak negara bahkan dijadikan sebagai bahasa resmi kedua.

Bersumber dari Instagram Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), per bulan Juli 2021, tercatat sebanyak 30 negara mempelajari bahasa Indonesia.  

Tercatat sebanyak 76 lembaga dan 7.683 orang mempelajari bahasa resmi NKRI ini. Bahkan untuk menjaga hubungan bilateral serta meningkatkan studi bahasa Indonesia, Vietnam menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi kedua di negaranya.

Selain fakta tersebut, berikut ini 5 fakta menarik bahasa Indonesia yang akan membuat Anda semakin bangga dengan bahasa Indonesia.

Baca Juga: 10 PTS terbaik Indonesia versi Webometrics 2021, Telkom University juara!

Fakta-fakta menarik bahasa Indonesia yang belum banyak diketahui

  • Urutan ke-9 bahasa paling banyak di gunakan di dunia

Fakta menarik dari bahasa Indonesia adalah penutur bahasa ini cukup banyak. Bahkan bahasa Indonesia menempati urutan ke-9 bahas paling banyak digunakan di dunia. 

Bahasa Indonesia dipelajari di 56 negara yang tersebar di seluruh dunia. Wikipedia berbahasa Indonesia berada di peringkat ke-3 se-Asia dan ke-26 sedunia. 

Fakta menarik lainnya adalah Wordpress berbahasa Indonesia berada di peringkat ke-3 setelah bahasa Inggris dan Spanyol. 

  • Bahasa resmi dan wajib dipelajari di negara tetangga

Tahu kah Anda jika bahasa Indonesia merupakan bahasa yang wajib di pelajari di dua negara di ASEAN? 

Di Vietnam, bahasa Indonesia merupakan bahasa wajib kedua sejak tahun 2007. Sedangkan di Kamboja, tentara negara ini wajib mempelajari bahasa Indonesia.

Baca Juga: Tips biar anak gemar membaca buku sejak dini, orang tua perlu tahu ini

  • Mudah belajar bahasa asing

Mempelajari bahasa asing tentu tidak mudah. Selain tata bahasa yang berbeda, terkadang logat bahasa menjadi kendala seseorang saat belajar bahasa asing. 

Namun, kita perlu berbangga diri karena penutur bahasa Indonesia memiliki lidah paling fleksibel. Karenanya, banyak orang Indonesia yang mudah mempelajari bahasa asing.

  • Pernah diperdengarkan di luar angkasa

Selain mudah mempelajari bahasa asing, fakta menarik selanjutnya akan membuat Anda semakin bangga dengan bahasa Indonesia. 

Bahasa Indonesia pernah diperdengarkan di luar angkasa pada tahun 1977. Melalui rekaman piring hitam Saltelit Voyager (NASA), bahasa Indonesia diperdengarkan di luar angkasa.

  • Ejaan angka yang unik

Bahasa Indonesia memiliki keunikan yaitu pada ejaan angkanya. Setiap angka (bukan bilangan) yang mempunyai huruf awal yang sama, jika ditambahkan akan berjumlah 10. 

Contohnya: Satu ditambah sembilan maka hasilnya 10 (huruf depan kedua angka tesebut sama-sama "s") atau tiga ditambah tujuh hasilnya juga 10 (huruf depan kedua angka tersebut sama-sama "t").

Selanjutnya: No 1 bukan ITB atau UGM, ini 10 PTN terbaik Indonesia versi Webometrics 2021

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru