Bikin Segar Saat Buka Puasa, Kenali 5 Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan

Rabu, 13 April 2022 | 04:20 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Bikin Segar Saat Buka Puasa, Kenali 5 Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan

ILUSTRASI. Air kelapa.


KONTAN.CO.ID - Air kelapa adalah salah satu jenis minuman sehat yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Tak hanya itu, air kepala juga memiliki rasa manis yang lezat dan segar, sangat cocok untuk dijadikan minuman saat buka puasa. 

Khususnya saat bulan Ramadan, air kelapa menjadi salah satu minuman yang cukup banyak dijual di berbagai daerah di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan meminum air kelapa mampu membuat tubuh menjadi terasa lebih segar setelah seharian berpuasa.

Banyaknya manfaat yang didapatkan dikarenakan air kelapa mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Contohnya seperti kalium, sodium, karbohidrat, kalsium dan masih banyak lagi. 

Baca Juga: StorySaver: Situs Download Instagram Stories Gratis, Tinggal Tempel Link

Melansir dari Good House Keeping, berikut manfaat air kelapa yang menarik untuk diketahui, di antaranya: 

Menurunkan Tekanan Darah 

Meminum air kelapa dianjurkan bagi Anda yang mempunyai penyakit darah tinggi. Pasalnya, meminum air kelapa secara rutin mampu menurunkan tekanan darah tinggi menjadi lebih stabil. 

Selain membuat tekanan darah menjadi stabil, minum air kelapa juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit stroke dan jantung. 

Menurunkan Kadar Gula Darah 

Tak hanya tekanan darah, air kelapa juga mampu menurunkan kadar gula darah. Artinya, minum air kelapa sangat cocok bagi Anda yang mempunyai penyakit diabetes. 

Menjaga Kondisi Tubuh 

Air kelapa mempunyai manfaat yang dapat menjaga kondisi tubuh tetap bugar, terhindar dari cedera otot saat olahraga, serta menjaga keseimbangan cairan tubuh. 

Oleh karena itu, tak heran air kelapa kerap dijadikan minuman para atlet atau diminum saat berbuka puasa. 

Baca Juga: Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa, Coba Konsumsi Ini

Menjaga Kesehatan Kulit 

Manfaat air kelapa selanjutnya disebut-sebut dapat menjaga kesehatan kulit. Khususnya bagi Anda yang mempunyai masalah kulit kering, meminum air kelapa mampu menghidrasi kulit sehingga menjadi lebih kenyal dan tampak cerah. 

Hal tersebut dikarenakan air kelapa mengandung banyak vitamin C dan antioksidan gang dalam meningkatkan produksi kolagen yang dapat mencegah munculnya tanda penuaan. 

Menurunkan Berat Badan 

Kabar baik bagi Anda yang sedang menjalankan program diet menurunkan berat badan. Cobalah meminum air kelapa secara rutin, pasalnya hal tersebut dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga diet Anda bisa berjalan lebih maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru