CLOSE [X]

Bill Gates sebut dalam waktu 3 tahun lagi rapat di kantor digelar di Metaverse

Selasa, 14 Desember 2021 | 05:45 WIB Sumber: USA Today
Bill Gates sebut dalam waktu 3 tahun lagi rapat di kantor digelar di Metaverse


KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Pendiri dan miliarder Microsoft Bill Gates memperkirakan sebagian besar pekerja akan melakukan pertemuan virtual mereka dalam metaverse dalam dua atau tiga tahun ke depan. 

Ramalan Gates ini sebagai sikap optimistis bahwa pekerjaan di metaverse mungkin terjadi lebih cepat dari yang kita kira sekarang.

"Saya memperkirakan sebagian besar pertemuan virtual akan berpindah dari grid gambar kamera 2D - yang saya sebut "model Hollywood Squares," meskipun saya tahu bahwa mungkin tanggal saya - ke metaverse, ruang 3D dengan avatar digital," tulis Gates seperti dikutip dari Usatoday, Senin (13/12).

Baca Juga: Kekayaan Elon Musk susut Rp 232 triliun dalam sehari, ini 10 daftar miliarder dunia

Gates mengatakan adopsi pertemuan metaverse akan lambat karena banyak orang tidak memiliki alat untuk sepenuhnya membenamkan diri dalam pengalaman, seperti kacamata realitas virtual. 

Namun dia menyatakan optimisme untuk kemajuan yang dibuat dengan avatar tiga dimensi dan audio spasial untuk membantu pengguna merasa lebih terhubung secara virtual.

"Masih ada beberapa pekerjaan yang harus dilakukan, tetapi kami mendekati ambang di mana teknologi mulai benar-benar meniru pengalaman kebersamaan di kantor," kata Gates.

Metaverse adalah dunia digital yang menggabungkan teknologi seperti VR, augmented reality dan video di mana pengguna "hidup" di alam semesta virtual. Pendukung metaverse termasuk CEO Meta Mark Zuckerberg percaya metaverse bisa menggantikan internet modern.

Baca Juga: Warren Buffett: Mereka baca Playboy, saya baca laporan keuangan

Zuckerberg memprediksi komponen kunci dari metaverse akan menjadi mainstream dalam lima sampai 10 tahun ke depan.

Awal tahun ini, Meta (sebelumnya dikenal sebagai Facebook) memperkenalkan Horizon Workrooms, aplikasi VR tempat orang dapat berkumpul di ruang kerja virtual.

Baca Juga: Superlative Secret Society dorong seniman game dan video lokal sadar NFT

Beberapa perusahaan telah mengambil risiko untuk mengklaim saham mereka. Microsoft menggunakan hologram dan membuat aplikasi realitas campuran dan diperluas, dan juga memiliki Minecraft, game ramah anak yang telah berubah menjadi dunia virtualnya sendiri.

Sementara itu, platform lain yang disukai anak-anak, Roblox, telah bermitra dengan beberapa merek termasuk Ralph Lauren, Gucci, dan Vans untuk menghadirkan pengalaman unik ke metaverse..

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru