Bimbang Pilih SMA atau SMK, ini 5 Keunggulan SMK yang Patut Dicermati

Senin, 14 Agustus 2023 | 18:25 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Bimbang Pilih SMA atau SMK, ini 5 Keunggulan SMK yang Patut Dicermati

ILUSTRASI. Lulusan SMA lebih unggul dari SMK? 5 keunggulan SMK yang patut diperhitungkan. ANTARA FOTO/Ampelsa/pras.


PENDIDIKAN - JAKARTA. Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK terkadang dipandang sebelah mata oleh sebagian masyarakat. Banyak pandangan yang tidak tepat mengenai sekolah kejuruan serta lulusannya. 

Seiring berjalannya waktu, sekolah kejuruan mulai banyak dipilih remaja maupun orang tua. Banyaknya pilihan jurusan dan kesempatan magang di perusahaan besar menjadi bahan pertimbangan orang tua untuk memasukkan anak mereka di SMK. Ada banyak lagi poin keunggulan SMK yang tidak akan ditemukan di SMA.

  • Banyak pilihan kejuruan yang menarik

Berbeda dengan SMA yang hanya memiliki jurusan yang terbatas, sekolah kejuruan memiliki berbagai jurusan yang lebih menarik. Ada pilihan jurusan seperti otomotif, tata boga, tata busana, hingga farmasi yang menjadi daya tarik sekolah kejuruan. 

Karena sudah dijuruskan mulai dari awal siswa masuk, mereka bisa lebih mengembangkan potensi mereka secara maksimal. Pengajar di sekolah kejuruan juga dipersiapkan untuk membantu siswa memaksimalkan potensi yang dimiliki, sesuai bidang yang mereka pilih.

Baca Juga: Yayasan Alumni IPB Kucurkan Rp 3 Miliar untuk Beasiswa IPB

  • Lebih fokus dengan minat dan bakat siswa

Dengan banyaknya pilihan jurusan yang tersedia, siswa bisa dengan bebas memilih jurusan yang sesuai minat dan bakat mereka. Para siswa tidak perlu mendapatkan materi yang berlebihan, dan lebih fokus dengan satu bidang yang mereka pilih.

Siswa SMK bidang tata boga akan lebih fokus mendalami materi tentang tata boga, tanpa harus dibebani dengan materi-materi saintek. Atau siswa SMK bidang otomotif yang tidak harus bersusah payah mengingat nama-nama ilmiah dari binatang dan tumbuhan.

  • Dipersiapkan untuk menghadapi dunia kerja lebih awal

Dengan keahlian yang lebih spesifik, lulusan SMK akan lebih terlatih dalam bidang-bidang yang banyak dibutuhkan di dunia kerja. Para siswa akan dapat dengan cepat beradaptasi dengan lingkungan kerja profesional, karena salah satu materi wajib mereka merupakan PKL atau praktek kerja lapangan.

Baca Juga: Lowongan Kerja BPJS Kesehatan Terbaru Tahun 2023, Lulusan Semua Jurusan Bisa Daftar

  • Kesempatan magang di perusahaan besar

Beberapa SMK di Indonesia sudah menjalin kerjasama dengan banyak perusahaan, baik regional daerah, nasional hingga internasional. Poin ini lah yang menjadi pembeda yang cukup kentara antara SMK dengan SMK.

Saat masa magang, sekolah kejuruan akan mengirimkan siswa PKL mereka ke perusahaan yang sudah bekerjasama dengan sekolah tersebut. Lama dari magang tersebut tergantung dengan kebijakan dari sekolah masing-masing. Setelah masa magang berakhir, diharapkan para siswa sudah memiliki skill dan pengalaman yang cukup untuk menghadapi dunia profesional yang sebenarnya. 

  • Lebih mudah memilih jurusan saat melanjutkan kuliah

Penjurusan yang spesifik di SMK juga memudahkan para siswa untuk menentukan jurusan perkuliahan. Mereka tidak perlu bingung saat menentukan jurusan mana yang akan mereka ambil di perguruan tinggi. 

Saat di perkuliahan pun, lulusan SMK lebih unggul dalam pemahaman materi-materi yang lebih spesifik. Lulusan SMK farmasi akan lebih memahami materi saat melanjutkan perkuliahan di jurusan yang linear, dibanding dengan lulusan SMA jurusan IPA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru