BIngung Ingin Tanya ke Perusahaan? 5 Pertanyaan Ini Bisa DItanyakan saat Interview

Rabu, 18 Januari 2023 | 16:41 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
BIngung Ingin Tanya ke Perusahaan? 5 Pertanyaan Ini Bisa DItanyakan saat Interview

ILUSTRASI. BIngung Ingin Tanya ke Perusahaan? 5 Pertanyaan Ini Bisa DItanyakan saat Interview.


KONTAN.CO.ID -  Tidak jarang perusahaan akan memberikan kesempatan kepada pelamar untuk mengajukan pertanyaan saat interview kerja.

Sayangnya jarang para pencari kerja yang memanfaatkan kesempatan ini. Mereka biasanya menjawab tidak karena bingung ingin menanyakan apa. 

Padahal ada banyak yang bisa Anda gali tentang posisi dan perusahaan yang dilamar. Jawaban-jawaban dari recruiter bisa memberikan sedikit gambaran bagaimana kelak Anda bekerja. 

Baca Juga: Mengenal Lagu-Lagu Wajib Nasional Indonesia serta Pencipta dan Liriknya

Dari pertanyaan yang diajukan juga terlihat antusiasme Anda pada perusahaan. Dari hal ini Anda bisa memberikan kesan baik dan nilai positif pada recruiter. 

Pertanyaan yang diajukan tidak boleh sembarangan. Asal bertanya justru membuat Anda terlihat tidak baik. 

Berikut beberapa pertanyaan yang bisa diajukan saat interview, dihimpun dari Business Insider dan The Balance Career.

  • Bagaimana penilaian terhadap kinerja karyawan?

Pertanyaan ini bisa memberi gambaran penilaian kinerja karyawan. Anda bisa mengetahui aspek-aspek apa yang membuat seorang karyawan sukses di perusahaan tersebut. 

Jika sudah diterima, Anda sudah satu langkah lebih siap dibanding karyawan baru lainnya. 

  • Apakah ada jenjang karir posisi yang saya lamar?

Setiap orang pasti ingin karirnya meningkat, terlebih jika sudah bertahun-tahun bekerja. Jika Anda berniat untuk berkarir lebih lama di perusahaan, pertanyaan ini harus ditanyakan. 

Dengan pertanyaan ini Anda juga menunjukkan semangat untuk berkembang dan maju. Anda juga termotivasi untuk terus mengembangkan diri kelak jika sudah diterima bekerja. 

  • Bagaimana budaya dan lingkungan kerja di perusahaan ini?

Sering kali karyawan baru kaget dan tidak bisa beradabtasi dengan lingkungan kerja. Untuk meminimalisirnya, Anda bisa menanyakan budaya dan lingkungan kerja saat interview. 

Jawaban dari perusahaan bisa menjadi gambaran lingkungan kerja Anda kelak. Anda bisa lebih siap menghadapi budaya yang dianut dalam perusahaan.

Baca Juga: Lowongan Kerja Terbaru Bank BCA 2023 Buat Fresh Graduate, Cek Infonya Ini

  • Jika sudah diterima, tantangan seperti apa yang akan saya dihadapi?

Setiap posisi pasti memiliki tantangannya masing-masing. Setipa tantangan tersebut tentu membutuhkan penanganan yang berbeda. 

Dengan mengetahui lebih awal, Anda bisa lebih siap menghadapi tantangan tersebut. Adaptasi Anda pada masalah juga lebih cepat dibanding dengan karyawan yang mungkin tidak menanyakan pertanyaan ini. 

  • Apakah ada pelatihan atau training untuk karyawan?

Pelatihan atau training biasanya diberikan saat masa probation. Tapi tidak menutup kemungkinan adanya pelatihan untuk pengembangan diri karyawan. 

Dari pertanyaan ini Anda bisa menunjukkan keinginan untuk berkembang. Anda bisa memperjelas pertanyaan kapan pelatihan yang sekiranya Anda inginkan. 

Ada beberapa pertanyaan yang tidak boleh ditanyakan saat interview. Jangan ajukan pertanyaan yang terlalu personal terlebih pada recuiter.

Hindari pertanyaan yang memberikan kesan "tidak siap" seperti "Bidang apa yang digeluti perusahaan?". Ajukan pertanyaan satu persatu sehingga memudahkan recruiter untuk menjawab.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru