Bintan bidik 1.400 atlet triathlon Ironman

Minggu, 16 Juli 2017 | 15:31 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Bintan bidik 1.400 atlet triathlon Ironman


JAKARTA. Event olah raga berskala internasional menjadi salah satu cara daerah untuk menarik wisatawan manca negara. Salah satunya Bintan, Kepulauan Riau, yang berharap kedatangan turis kembali marak dengan digelarnya event olah raga rekreasi Ironman 70.3 pada 20 Agustus mendatang. 

Bintan sudah pernah menjadi salah satu tuan rumah event triathlon ini di sesaon 2016 lalu. Deputi Bidang Pengembangan Pariwisata Mancanegara Kemenpar I Gde Pitana mengatakan, tingkat kepuasan peserta di lomba ini sebesar 95%.

Tahun lalu,  2016 lalu, event yang di host Kemenpar, PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) dan Even Organaizer (EO) Metasport itu nangkring di posisi 3 Ironman 70.3 terbaik dunia. Posisi Bintan hanya kalah dari Jerman dan Prancis.

"Medan yang ada Bintan sangat ideal, sehingga membuat peserta merasa tertantang. Hutan, lagoon, pantai dan rumah-rumah masyarakat menjadi obstacles dan pemandangan para peserta," ujar Pitana, dalam keterangan yang diterima KONTAN, Sabtu (15/7).  

Dia menambahkan MetaSport memiliki standar penyelenggaraan sangat ketat. "Tekanan darah atlet diukur, berat sepeda diukur,wisman suka seperti itu. Mudah-mudahan banyaknya event olahraga internasional digelar di Bintan tahun ini akan mendongkrak pariwisata Great Batam Bintan," katanya.

 

1.400 peserta

Kepala Dinas Pariwisata Bintan Luki Zaiman Prawira menjelaskan, sudah ada 42 negara yang siap menerabas medan menantang di destinasi wisata yang tak jauh dari Singapura itu.

Semua rela antre demi mendapatkan satu di antara 30 slot yang ditawarkan untuk mengikuti IRONMAN 70.3 2018 World Championships di Afrika Selatan tahun depan.

"Hingga saat ini peserta yang sudah mendaftar mencapai 1.200 peserta. Target kami 1.400 peserta hingga Agustus," ujar Luki. Ajang ini juga akan diikuti 16 atlet elit, selain amatir.

Wisatawan mancanegara yang sudah mendaftar paling banyak dari Singapura, Filipina, Australia dan Jepang. Mereka berlomba untuk mendapatkan point, untuk bisa berlomba di Afrika Selatan. 

Jumlah kunjungan wisman ke Bintan pada 2016 mencapai 2.004.000 wisman, atau 17% dari total wisman yang datang ke Indonesia. 

 

Rute triathlon

Bagi yang suka tantangan, di sinilah tempatnya. Maklum, di 2016 silam, rute sepeda, renang dan lari di Bintan itu dinobatkan “the best long course” Asia oleh Asia Tri. Dan tahun ini, rute larinya, dirancang ulang oleh MetaSport selaku penyelenggara lomba agar lebih menarik lagi bagi para triathlete.

Tahun ini, lombanya tetap dimulai pada pagi hari. Dibuka dengan berenang sejauh 1,9 kilometer yang mengambil posisi start di Plaza Lagoi, pusat pengembangan pariwisata Teluk Lagoi di zona khusus Bintan Resort dari wilayah kepulauan Indonesia. 

Selanjutnya, para atlet akan bersepeda sejauh 90 kilometer (satu putaran) di jalanan yang mulus dan lebar. Para partisipan akan mengakhiri lomba ini dengan berlari sejauh 21 kilometer.

"Jarak ini akan ditempuh dalam dua putaran, lintasannya cukup memudahkan triathlete, dan memiliki pemandangan lebih menarik ketimbang penyelenggaraan tahun sebelumnya," kata Nathalie Marquet, CEO of MetaSport, organizer of IRONMAN 70.3 Bintan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru