Bisa ditiru, ini cara Warren Buffett mendidik anak biar pintar mengatur uang

Minggu, 20 Desember 2020 | 12:00 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Bisa ditiru, ini cara Warren Buffett mendidik anak biar pintar mengatur uang


WARREN BUFFETT - Penting bagi orangtua untuk melatih anak biar pintar mengelola keuangan. Para orangtua bisa meniru cara Warren Buffett mendidik anak supaya pintar mengatur uang.

Sebab, kemampuan itu sangat penting, terutama ketika dewasa nanti.  Meskipun kemampuan mengelola keuangan sangat penting, tidak ada pelajaran resmi di sekolah yang mengajarkan kemampuan ini. 

Karenanya, penting bagi orangtua untuk membekali pengetahuan ini pada anak. Warren Buffett memberikan beberapa tips parenting agar anak pintar mengatur uang. 

Warren Buffett terkenal sebagai pebisnis dan investor ulung. Pemilik Berkhshire Hathaway ini juga dikenal sederhana dan hemat dalam kehidupannya. 

Mengutip dari The Motley Fool, Warren Buffet menyarankan, untuk mengajar cara mengatur keuangan sedini mungkin. Anak kecil lebih cepat menangkap dan menyerap informasi.

Itu sebabnya, mengajarkan cara mengatur keuangan bisa lebih mudah saat anak masih kecil dibanding saat remaja. 

Baca Juga: Inilah 6 strategi bisnis Jeff Bezos yang membawa kesuksesan pada Amazon

Berikut tips parenting agar anak pintar mengatur keuangan dari Warren Buffett:

  • Mengajarkan anak menabung

Melansir dari CNBC, penting untuk mengajarkan anak tentang perbedaan keinginan dan kebutuhan. Hal ini bisa membantu mereka untuk mengatur keuangan.

erikan dua wadah untuk anak. Satu untuk tabungan dan satu untuk pengeluaran. Dorong anak untuk membagi uang yang mereka terima ke dua tempat tersebut.

Ajak anak untuk menentukan benda mana yang merupakan keinginan dan kebutuhan. 

  • Mendorong anak agar menjadi pribadi yang fleksibel

Tips parenting untuk anak selanjutnya adalah membentuk pola pikir anak agar lebih fleksibel. Hal ini penting agar anak tidak terlalu kaku pada suatu keputusan. 

Kelak, anak bisa lebih legowo dalam menerima segala keputusan. Cara ini juga bisa meningkatkan cara berpikir kreatif mereka. 

Ajak anak untuk mendaur ulang sampah seperti botol plastik. Biarkan anak untuk berkreasi dengan sampah tersebut agar kreativitas mereka berkembang. 

Cara ini bisa melatih kreativitas anak sekaligus mendorong anak untuk berhemat dan mencintai lingkungan. 

Baca Juga: Ayo meracik ulang strategi finansial rumah tangga sebelum tahun baru

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru