Bisa Jadi Referensi, Ini 10 Jurusan yang Gampang Cari Kerja di Industri 4.0

Senin, 05 Desember 2022 | 15:00 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Bisa Jadi Referensi, Ini 10 Jurusan yang Gampang Cari Kerja di Industri 4.0

ILUSTRASI. Bisa Jadi Referensi, Ini 10 Jurusan yang Gampang Cari Kerja di Industri 4.0


PERGURUAN TINGGI -  Masyarakat, khususnya calon mahasiswa, perlu mengetahui pekerjaan apa saja yang mudah mencari pekerjaan di era revolusi industri 4.0 ini. 

Semakin berkembangnya zaman, kebutuhan akan jenis pekerjaan tertentu bisa berubah. Ada profesi yang mulai hilang, namun ada pula pekerjaan yang akan sangat dibutuhkan di masa depan. 

Selain pengalaman, jurusan kuliah juga menentukan apakah seseorang bisa mudah mendapatkan pekerjaan atau tidak.

Bersumber dari situs Universitas Multimedia Nusantara (UMN), ada beberapa indikator yang menunjukkan jurusan tersebut gampang mencari pekerjaan, diantaranya:

  • Jarang ada orang yang ahli di bidang/jurusan tersebut
  • Gaji tinggi
  • Dicari dan mudah masuk ke BUMN / organisasi pemerintahan
  • Tidak dibutuhkan edukasi lanjutan saat bekerja

Baca Juga: Rekrutmen Bersama BUMN 2022 Batch 2 Masih Buka, Cek Lagi Syarat dan Cara Daftarnya

Lalu apa saja jurusan yang mudah mendapatkan pekerjaan di era industri 4.0 ini? Simak rangkuman referensi jurusannya dari situs UMN berikut ini. 

Software Engineer/ IT

Mengingat semua hal saat ini serba digital dan kemajuan teknologi juga sangat pesat, jurusan teknik khususnya IT sangat dibutuhkan.

Lulusan jurusan ini sangat diminati di banyak perusahaan. Setelah lulus, Anda dapat bekerja di perusahaan yang menyediakan layanan pemrograman perangkat lunak. 

Selain itu lulusan IT juga bisa bekerja di pabrik atau perusahaan dagang yang menyediakan dan memelihara aplikasi dan perangkat lunak untuk penggunaan internal.

Teknik Elektro

Selain IT, jurusan teknik lain yang mudah mendapatkan pekerjaan adalah lulusan jurusan Teknik Elektro. 

Ilmu dari jurusan ini sangat besar pengaruhnya bagi perkembangan peradaban manusia. Karenanya tuntutan ilmu dari sektor ini jelas dibutuhkan bahkan hingga saat ini. 

Mahasiswa belajar tidak hanya listrik, tetapi juga telekomunikasi. Tanpa lulusan di bidang ini, perkembangan internet dan teknologi komunikasi mungkin tidak akan sesukses seperti sekarang ini.

Jurusan Desain

Beberapa waktu lalu mungkin jurusan desain masih dipandang sebelah mata. Namun di era industri 4.0, lulusan jurusan ini banyak dibutuhkan di dunia kerja khusunya oleh perusahaan swasta hingga pemerintah. 

Lulusan desain, seperti Desain Komunikasi Visual, Desain Produk, dan Desain Interior, sangat diminati. Kreativitas dan kemampuan Anda dalam menggunakan teknologi dapat menarik minat masyarakat luas. 

Selain itu, ada juga departemen desain busana kreatif. Siapa pun yang tertarik dengan industri fashion harus mempertimbangkan jurusan ini.

Baca Juga: Program Magang 2022 dari Ditjen Dikti Buat Mahasiswa Buka Lagi, Ini Syaratnya

Ilmu Komunikasi

Sarjana komunikasi memiliki bekal dan kemampuan dalam menulis serta berbicara di depan umum. Kemampuan mereka berbeda dengan orang yang tidak mendalami ilmu komunikasi. 

Peluang karir yang bisa diambil misalnya sebagai PR (public relations), Brand Ambassador, Marketing, Penulis, Juru Bicara, Jurnalis, Penyiar, Presenter, dan lain-lain.

Akuntansi

Ilmu yang berhubungan dengan keuangan selalu dibutuhkan baik sekarang maupun di masa depan. 

Mencatat dan melaporkan keuangan perusahaan bukanlah hal yang sederhana. Banyak aturan dan standar-standar yang harus dipenuhi agar laporannya valid serta bisa dipertanggungjawabkan.

Sarjana akuntansi apalagi yang dibekali dengan keahlian perpajakan akan selalu dicari oleh banyak perusahaan, baik itu di Indonesia maupun luar negeri.

Lulusan ini mudah mencari kerja karena kemampuan akuntan selalu dibutuhkan semua perusahaan di berbagai bidang.

Beberapa jenis profesi untuk lulusan jurusan ini cukup mudah didapatkan, di antaranya bisa menjadi auditor internal, akuntan publik, analis keuangan, hingga manajer perpajakan.

Teknik Komputer

Sarjana ilmu sistem komputer harus memiliki keahlian dalam bidang fisika, matematika, ilmu komputer baik itu hardware dan software. 

Lulusan sistem komputer juga jadi yang banyak sekali dicari terkait dengan perkembangan teknologi saat ini.

Bahasa dan Sastra

Sama seperti Desain, jurusan Bahasa dan Sastra sudah cukup lama dianggap sebagai jurusan yang kesempatan kerjanya tidak begitu banyak. 

Namun dengan berkembangnya dunia content creator saat ini, membuat posisi lulusan bahasa dan sastra juga semakin dicari.  

Pekerjaan sebagai copywriter, content writer saat ini banyak tersedia. Biasanya kualifikasi yang dipersyaratkan yakni lulusan jurusan Bahasa dan Sastra. 

Kedokteran, Keperawatan dan Farmasi

Selama masih ada manusia di bumi, akan selalu ada tenaga medis. Karenanya, Fakultas Kedokteran merupakan salah satu jurusan keluarga ilmu pengetahuan dan teknologi yang banyak diminati oleh mahasiswa IPA. 

Prospek pekerjaan dari jurusan ini cukup menjanjikan dan diminati dimana saja dan kapan saja. Jika Anda jago materi sains seperti biologi, jangan ragu untuk memilih jurusan ini.

Terlebih dengan kondisi pasca pandemi yang masih belum sepenuhnya pulih, tenaga medis semakin banyak dibutuhkan oleh publik.

Statistika

Departemen Statistik mempersiapkan siswa untuk karir di bidang statistik, keuangan, dan banyak bidang bisnis lainnya.

Baik bisnis maupun administrasi membutuhkan orang-orang dengan keterampilan statistik. Diperlukan untuk penelitian, analisis, dan evaluasi proyek.

Karena itu, jurusan statistika di perguruan tinggi adalah pilihan yang mudah untuk mencari pekerjaan.

Baca Juga: Selain Happy Wedding, Ini 25 Ucapan Selamat Menikah dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan

Fakultas Robotika dan Kecerdasan Buatan merupakan fakultas yang cukup baru di Indonesia. Pembentukan jurusan ini menunjukkan perlunya orang-orang berbakat untuk mengembangkan integrasi robotika dan kecerdasan buatan. 

Demikian beberapa jurusan kuliah yang mudah mendapatkan pekerjaan di era industri saat ini. 

Namun sebelum Anda mulai mengikuti perkuliahan atau memilih jurusan kuliah, pastikan lima hal berikut ini:

  • Apakah ada posisi yang diminati secara pribadi?
  • Apakah Anda memiliki bakat/bakat untuk pekerjaan itu?
  • Berapa banyak waktu yang dapat Anda curahkan untuk belajar?
  • Apa rencana setelah lulus?
  • Berapa banyak yang bisa Anda hasilkan dengan jurusan ini?

Jika Anda sudah menemukan jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat, konsultasikan kepada orang tua atau guru agar Anda mendapatkan arahan yang lebih baik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru