Bisa menurunkan kolesterol, simak ragam khasiat rempah khas Indonesia ini

Kamis, 09 September 2021 | 15:18 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Bisa menurunkan kolesterol, simak ragam khasiat rempah khas Indonesia ini

ILUSTRASI. Bisa menurunkan kolesterol, simak ragam khasiat rempah khas Indonesia ini. ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra.

KONTAN.CO.ID - Rempah khas Indonesia memiliki beragam khasiat untuk kesehatan tubuh, bahkan bisa membantu menurunkan kolesterol. 

Sebagai salah satu produsen rempah-rempah yang terkenal di dunia, Indonesia memiliki beragam jenis rempah yang khas. Rempah-rempah tersebut sudah sejak lama dimanfaatkan oleh bangsa Indonesia untuk berbagai kepentingan.

Rempah-rempah khas Indonesia memiliki manfaat baik dalam segi ekonomi hingga kesehatan. Banyak rempah tersebut yang mengandung senyawa yang bisa membantu memelihara kesehatan tubuh. 

Apa saja manfaat dari rempah-rempah khas Nusantara? Berikut ini daftar 5 rempah yang berkhasiat menjaga kesehatan tubuh dari Instagram Jalur Rempah Kemendikbud Ristek. 

Baca Juga: Siswa, ini mekanisme pelaksanaan Asesmen Nasional 2021 yang sebentar lagi dimulai

  • Kayu Manis

Kayu Manis atau dalam bahasa Inggris bernama cinnamon, banyak digunakan untuk bumbu masakan terutama kue dan makanan manis. 

Aroma dan rasa rempah ini sangat khas dan membuat berbagai macam kue menjadi lebih nikmat. Selain membuat masakan makin sedap, kayu manis juga berkhasiat untuk kesehatan tubuh. 

Rempah ini mengandung senyawa cinnamaldehyde yang bermanfaat untuk kesehatan. Berdasarkan studi yang dirilis oleh Journal of Agricultural and Food Chemistry, kayu manis memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk tubuh. 

Kandungan ini bisa membantu melawan peradangan dan menurunkan kolesterol, serta trigliserida dalam darah. 

  • Kunyit

Kunyit sudah lama digunakan masyarakat Indonesia sebagai bumbu masakan hingga ramuan tradisional. 

Rempah ini mengandung senyawa kurkumin yang memiliki efek antiradang. Bahkan khasiat dari senyawa ini bisa disandingkan dengan obat antiradang lainnya. 

Selain antiradang, kurkumin bisa membantu meningkatkan enzim anti-oksidan pada tubuh dan melawan kerusakan oksidatif. 

Menurut studi dari Brain Research, senyawa ini bisa digunakan untuk mencegah penyakit Alzheimer, meningkatkan fungsi otak, dan meredakan radang sendi. 

Baca Juga: Mengenal pemuaian pada zat padat, zat cair, dan zat gas serta contohnya

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru