Bisnis hotel di Bali belum terganggu erupsi Gunung Agung

Selasa, 03 Juli 2018 | 17:48 WIB   Reporter: Nur Pehatul Janna
Bisnis hotel di Bali belum terganggu erupsi Gunung Agung

ILUSTRASI. Wisatawan asing berfoto dengan latar belakang Gunung Agung di Bali


INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA. Erupsi Gunung Agung dikhawatirkan bakal mengganggu bisnis pariwisata di Bali. Termasuk juga bisnis perhotelan.

"Saat ini, kami sujud syukur karena belum ada laporan dari anggota yang bergabung dengan Bali Hotel Association (BHA) akibat pembatalan pemesanan kamar atau terkena dampak dari meletusnya Gunung Agung dalam waktu terakhir ini," ujar Ketua BHA Ricky Putra kepada Kontan.co.id, Selasa (3/7).

Memang sempat ada penundaan kedatangan pada waktu kejadian. Namun itu semua terjadi karena pembatalan jam terbang saja dan untuk penerbangan reguler malam berjalan seperti biasa.

"Pembatalan penerbangan pada siang hari beberapa waktu lalu memang ada.  Namun mereka kembali berangkat pada keesokan harinya. Jadi cuma mundur hari dan jam penerbangannya. sejauh ini memang belum ada pembatalan pesanan kamar yang kami terima," ujarnya.

Lanjut Ricky, hal ini terjadi karena penanganan sigap yang yang dilakukan pemerintah yang juga bekerja sama dengan para stakeholder guna mengantisipasi dan memantau setiap gerakan dari Gunung Agung.

Selain itu, tambah Ricky guna tetap menarik minat wisatawan untuk berkunjung maupun yang akan berkunjung ke Bali, BHA bersama seluruh anggota yang bergabung memberikan layanan gratis menginap satu malam di hotel.

"Untuk mencegah kemungkinan wisatawan membatalkan pesanan atau bahkan meninggalkan Bali, kami telah memberikan paket gratis menginap satu malam dan menurunkan sekitar 16 bus pariwisata yang difasilitaskan secara gratis," tandasnya.

Asal tahu saja, untuk destinasi wisata di Bali saat ini masih dalam kondisi aman karena lokasi Gunung Agung tersebut berjarak sekitar 70 km - 80 km dari destinasi pariwisata Bali, seperti Kuta dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Markus Sumartomjon

Terbaru