Blibli, Bayer dan P&G Manfaatkan Kampanye Interaktif TikTok di Momen Mega Sales

Selasa, 16 November 2021 | 18:39 WIB   Reporter: Tim KONTAN
Blibli, Bayer dan P&G Manfaatkan Kampanye Interaktif TikTok di Momen Mega Sales


TIKTOK - JAKARTA. Menjelang Mega Sales, banyak sekali brand yang sudah ancang-ancang untuk persiapan mengantisipasi masuknya pesanan dalam jumlah besar. Kampanye pemasaran pun dilakukan untuk lebih menarik minat pelanggan, salah satunya melalui TikTok For Business.

Lewat solusi periklanan dan layanan belanja di TikTok, brand lebih mudah menjangkau pelanggan. Misalnya, melalui fitur TikTok Ads Manager, brand dapat mengatur tujuan kampanye seperti traffic, reach, dan lainnya.

Nah supaya brand bisa memanfaatkan momentum mega sales, maka harus dapat mengatur target sasaran, budget iklan, format iklan, dan penempatan iklan yang cocok dengan kebutuhan brand secara mandiri (self-serve) di aplikasi TikTok.

Brand juga dapat memenangkan momen Mega Sales dengan maksimalkan jangkauan target audiens secara tepat melalui layanan iklan TikTok For Business yang terdiri beberapa pilihan beriklan, diantaranya Top View, yaitu layanan iklan yang bisa menjangkau pengguna secara luas.

Ada juga Branded Effects, yaitu layanan yang memberikan pengalaman gamification dengan memanfaatkan efek yang beragam di TikTok, serta Hashtag Challenge, yaitu layanan yang memanfaatkan engagement yang tinggi pada komunitas TikTok dengan hashtag tertentu dan menjadikannya sebuah trend. 

 

Belajar Cara Iklan di TikTok

Salah satu brand yang sukses dalam melakukan strategi marketing di TikTok adalah Blibli. Reddia Virginia - VP of Marketing Partnership & Media Blibli menyebut Blibli memanfaatkan TikTok di momentum Kemerdekaan untuk meluncurkan kampanye yang mendukung UMKM yaitu #PejuangLokal. Dengan berfokus pada Customer Satisfaction First, Blibli menghadirkan pengalaman berbelanja terbaik bagi pelanggan. 

“Agar komitmen brand kami terkomunikasikan dengan baik kepada pelanggan, strategi konten dan strategi kanal (media) yang tepat adalah 2 hal yang tidak dapat dipisahkan. Melihat potential consumer yang besar dan keunikan content di TikTok ,kami coba pelajari bagaimana platform ini bekerja. Hingga akhirnya kami memutuskan untuk memulai campaign #PejuangLokal di TikTok. Dalam waktu 3 hari, hashtag ini telah mendapat 1,1 miliar views dan video submission yang kami terima melebihi tiga kali lipat dari target awal,” ujarnya.

Hal sama diungkapkan Hesnuaril Marlindayani - Country Digital & Ecommerce Lead of Bayer Consumer Health Indonesia yang menyebut TikTok membantu brandnya mengomunikasikan hal-hal yang berkaitan dengan science, menjadi pesan yang lebih fun dan mudah dipahami oleh target konsumen. 

“Di momen Ramadan lalu, kami ingin mengajak target konsumen untuk tetap sehat dan aktif menjalani puasa, dengan salah salah satu produk penjaga daya tahan tubuh kami, Redoxon. Dengan kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk dengan pemasaran di TikTok, Redoxon berhasil menjadi produk vitamin C nomor 1 yang paling banyak terjual di e-commerce selama bulan Ramadan 2021,” tambahnya.

Sementara, Alam Wibowo, Media Director P&G Indonesia menyebut pihaknya memanfaatkan TikTok untuk meluncurkan produk terbaru yaitu shampo untuk rambut lebih lembut dan wangi, untuk target konsumen yang ada di TikTok. Salah satu kampanye yang sukses di TikTok adalah Rejoice Shampoo yang kami lakukan di awal tahun 2021. 

Nah buat pebisnis yang ingin beriklan sebaiknya memaksimalkan musim Mega Sales dengan membangun momentum beberapa minggu sebelumnya. Pastikan brandmu berada di top of mind para konsumen. Bagikan konten teaser dan info penting agar audiens mengetahui aktivitas brand terhadap momen Mega Sales.

Dari segi konten, video yang dikemas menarik namun memiliki pesan yang jelas akan lebih digemari. Konten singkat dengan pesan yang jelas melalui visual dan dengan audio, maksimal 15 detik akan lebih tepat sasaran dan mudah dipahami. Ajak kolaborasi para kreator, dan yang terpenting, konten harus otentik dan relevan dengan target audiens, seperti konten dari para TikTok kreator. Untuk maksimalkan performa, brand dapat mengajak kerja sama para kreator dalam membuat konten yang native di TikTok.

Saat ini, TikTok juga menyediakan layanan berbelanja online, dengan TikTok Live, yaitu cara baru untuk berjualan online, dimana pelanggan dapat berinteraksi dengan konsumen secara langsung melalui tayangan livestream untuk menunjukkan produk, menceritakan kegunaannya, hingga memungkinkan konsumen langsung membeli dengan menghubungkan mereka ke marketplace atau online shop, tanpa berpindah layar. Layanan ini juga bisa dilakukan oleh kreator TikTok yang diajak brand berkolaborasi untuk mempromosikan produk mereka. 

Sitaresti Astarini, Head of Business Marketing, TikTok Indonesia memaparkan jelang kuartal terakhir merupakan momen penting bagi brand untuk menjangkau konsumen dengan promosi menarik yang mereka lakukan. “Brand tentu menginginkan strategi pemasaran yang tepat sasaran dan berdampak positif pada kemajuan bisnis. Oleh karena itulah, TikTok melengkapi layanan kami dengan berbagai solusi pemasaran dan periklanan yang mampu membantu brand menjangkau target audiens yang sesuai, sekaligus memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan," ujarnya.

Di momen Mega Sales kali ini, TikTok meluncurkan paket iklan berisikan campaign-campaign interaktif TikTok, bernama TikTok Mega Mall Sponsorship package. Melalui paket ini, brand bisa beriklan kreatif secara strategis dan mudah. Untuk informasi lebih lanjut bisa mengunjungi https://www.tiktokmegasales.com/. Bergabung ke dalam TikTok For Business dan mulai buat iklan yang sesuai dengan brand Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Indah Sulistyorini

Terbaru