kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR13.935
  • EMAS714.000 1,28%
  • RD.SAHAM 0.53%
  • RD.CAMPURAN 0.27%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.13%

Bob Sadino, bisnis redup di usia senja


Senin, 19 Januari 2015 / 23:39 WIB

Bob Sadino, bisnis redup di usia senja

Berita Terkait

DI bidang agribisnis, makanan olahan, dan ritel, Bob Sadino memang dikenal sebagai entrepreneur sejati. Tapi, kini, perlahan ia melepas satu per satu bisnis yang telah dia rintis dan berhasil melambungkan namanya menjadi entrepreneur yang disegani. Berikut kisahnya sebagaimana telah diulas di KONTAN Mingguan, Agustus 2010. 

Sebelumnya, Om bob, begitu ia biasa disapa, memiliki tiga lini bisnis utama: Kem Chicks bidang usaha ritel, Kemfood di bisnis makanan olahan, dan Kemfarm di bidang perdagangan sayuran. Tapi, sejak dua tahun silam, satu demi satu, bisnisnya telah beralih tangan. 


Salah satu aset Om bob yang sudah berganti pemilik adalah PT Kemang Food Industries (Kemfood). Perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan daging ini dia jual ke kelompok usaha yang digawangi Rheza R.R. Susanto dan Agustus Sani Nugroho, pada Juni 2008 silam. Tak jelas, berapa nilai transaksi Kemfood itu. "Tidak terlalu mahal, tapi kami memberesi semua kewajiban perusahaan," ujar Nugroho kepada KONTAN. 

Sekadar informasi, ketika diakuisisi, Kemfood memiliki kewajiban lumayan besar, baik kepada bank, pemasok, pajak, dan karyawan. "Sebenarnya, yang kami ambil adalah brand-nya," ungkap Nugroho. 

Setelah mengambil Kemfood, pemilik baru langsung bersih-bersih. Pertama, menyelesaikan kewajiban pada karyawan dan pemasok. Kedua, meminta keringanan pembayaran ke kantor pajak. "Mereka setuju kami membayar mencicil tanpa diskon," tutur Nugroho. 

Ketiga, pemilik baru juga mendatangi bank-bank kreditur Kemfood untuk melakukan restrukturisasi. Usai memberesi manajemen, Kemfood mulai fokus lagi di produk di pasar premium, sambil menjajal menembus supermarket umum. Hasilnya, kini saban bulan, Kemfood meraup omzet hingga Rp 7 miliar. 

Dua tahun lalu, omzet Kemfood hanya Rp 3,5 miliar sampai Rp 3,6 miliar per bulan, ungkap Nugroho. Di lain pihak, bob membantah telah menjual Kemfood karena kesalahan manajemen sehingga kondisi keuangan memburuk. "Saya jual, karena bagi saya, keuntungan terbesar adalah saat melihat bisnis yang saya bangun bisa semakin berkembang di tangan orang lain," ujar pengusaha yang identik dengan celana pendeknya ini. 

Om bob berkeyakinan, saat bisnis berkembang kian besar, tingkat kesulitannya juga kian besar. "Itu akan membuat saya semakin pusing," ujar dia. 

Namun, alasan itu tetap tidak bisa menutupi gelagat surutnya kerajaan bisnis Om bob. Sebab, selain Kemfood, kabarnya, ia juga telah menjual bisnisnya salah satu gerai bisnisnya yang legendaris: Kem Chicks. 

Seorang sumber KONTAN membisikkan: bob sudah menjual gerai Kem Chicks di Pacific Place, Sudirman, ke Susi Darmawan. Pengusaha Hari Darmawan, ayah Susi, membenarkan bahwa anaknya telah membeli brand Kem Chicks Pacific Place dari bob sadino. "Semacam franchise, aset milik anak saya, tapi pengelola anak buah bob," ungkap bekas bos Matahari Department Store itu. 

Menjual Kem Chicks 

Namun, pemilik Taman Wisata Matahari di Kawasan Puncak itu memastikan anaknya bukan pemilik Kem Chicks Kemang. Bob sendiri mengamini pernyataan Hari. Menurut dia, ia memang bekerjasama dengan Susi dalam pengelolaan Kem Chicks Pacific Place. "Semacam franchise, tapi lebih spesifik. Yang pasti, manajemen tetap dari saya," terang dia. 

Bob menuturkan, alasan dia menjual Kem Chicks Pacific Place karena sejak awal hanya ingin memiliki satu-satunya gerai, yaitu di Kemang. Tapi, sejak dua tahun terakhir, Susi meminta agar diperbolehkan memiliki franchise Kem Chicks. 

Kebetulan, di saat bersamaan, bob akan membuka Kem Chicks di Pacific Place lantaran gerai Kemang ditutup sementara gara-gara ada pembangunan apartemen. "Karena itu, Kem Chicks Pacific Place saya buat seperti franchise," kata Bob. 

Tapi, ia memastikan tidak akan menjual Kem Chicks Kemang. "Sepeser pun tidak akan saya lepas," tandas dia. 

Seorang pengusaha lain, Sandiaga Uno, mengaku pernah ditawari bob mengambil alih Kem Chicks Kemang pada 2004. Alasannya mungkin karena saat itu Sandiaga memiliki Hotel Grand Kemang yang lokasinya dekat dengan gerai Kem Chicks. Cuma, lantaran syaratnya tidak boleh mengubah konsep, ia mundur. 

Padahal, saat itu, Sandi memiliki rencana sendiri dalam pengelolaan Kem Chicks. "Karena itu, penjualan tidak terjadi," ujar pemilik Recapital Investment Group itu. Satu lagi anak usaha bob yang disebut-sebut tengah goyang adalah PT Kemfarm Indonesia (Kemfarm). Kabarnya, karena kesulitan keuangan, Kemfarm juga akan dijual Om bob. 

Kabar lain menyebutkan, usaha ini sudah dilikuidasi karena tidak menguntungkan. Namun, sekali lagi bob membantah keras kabar itu. Ia menegaskan, kini Kemfarm masih mengekspor sayur ke Jepang. Dalam satu bulan, pabrik Kemfarm di Jl. Tambak Aji Raya, Semarang, mampu mengekspor sampai empat kontainer sayur-sayuran ke Jepang. "Kalau rugi, pasti sudah saya tutup. Nyatanya masih jalan," ucap


Reporter: Titis Nurdiana
Editor: Yudho Winarto
Video Pilihan

TERBARU
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Redaksi | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0005 || diagnostic_api_kanan = 0.0761 || diagnostic_web = 0.3553

Close [X]
×