Bolehkah bayi di bawah 6 bulan menggunakan sunscreen? Simak faktanya!

Rabu, 28 Juli 2021 | 14:30 WIB   Reporter: Ana Risma
Bolehkah bayi di bawah 6 bulan menggunakan sunscreen? Simak faktanya!

ILUSTRASI. Penggunaan sunscreen pada bayi berusia di bawah 6 bulan

KONTAN.CO.ID - Sunscreen merupakan sebuah produk yang berfungsi untuk melindungi kulit dari efek paparan sinar matahari. Tidak boleh terlewatkan, sunscreen wajib digunakan sebelum bepergian ke luar ruangan di siang hari.

Melansir Smarter Health, menggunakan sunscreen bermanfaat untuk mencegah kanker kulit, mencegah penuaan dini, melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB, serta mampu melindungi kulit meski cuaca sedang mendung atau berawan.

Namun, apa jadinya jika yang menggunakan sunscreen adalah bayi yang masih berusia di bawah 6 bulan?

Baca Juga: Mengajak anak bermain dan belajar lewat aplikasi Web Quizizz

Merangkum dari website The Food and Drug Administration (FDA), penggunaan sunscreen pada bayi di bawah 6 bulan sebaiknya tidak dilakukan.

Hal tersebut dikarenakan kulit bayi di bawah 6 bulan masih sangat sensitif, sehingga akan lebih berisiko terkena efek samping dari sunscreen dibandingkan orang dewasa.

Menggunakan sunscreen secara topikal ke kulit bayi di bawah 6 bulan berisiko menyebabkan dermatitis kontak, peradangan folikel rambut, jerawat, ruam, dan iritasi.

Alih-alih menggunakan sunscreen, lebih baik untuk melindungi kulit bayi di bawah 6 bulan dengan cara menempatkan mereka di tempat yang teduh.

Selain tempat teduh, Moms juga bisa memakaikan mereka pakaian panjang / tertutup yang ringan dan nyaman untuk digunakan. Tidak lupa untuk memakaikan mereka topi pantai yang pinggirannya lebar agar kepala dan leher ikut terlindungi.

Baca Juga: Hasil studi: Minum 6 gelas kopi per hari sebabkan penyusutan volume otak

Ketika Moms terpaksa mengajak buah hati keluar pada pukul 10 pagi hingga 12 siang yang mana waktu tersebut merupakan titik terkuat dan paling intens dari sinar ultraviolet, Moms harus melakukan upaya ekstra untuk melindungi kulit mereka. Jika hendak menggunakan sunscreen pada mereka, pastikan juga untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

Lebih jelasnya, berikut beberapa tips aman melindungi kulit bayi di bawah 6 bulan ketika sedang berada di luar ruangan, yang bisa Moms terapkan:

  • Tempatkan mereka di tempat yang teduh.
  • Konsultasikan dengan dokter sebelum mutuskan untuk menggunakan sunscreen pada mereka.
  • Pakaikan bayi dengan pakaian yang mampu menutupi dan melindungi kulit sensitif mereka.
  • Pastikan untuk tidak memakaikan mereka kain yang tipis.
  • Gunakanlah topi bersisi lebar yang mampu memberikan keteduhan pada wajah, leher, dan telinga.
  • Awasi bayi dan cermati tanda-tanda peringatan kulit terbakar atau dehidrasi pada mereka. Selain kulit menjadi kemerahan, tanda-tanda kulit terbakar atau dehidrasi lainnya yakni bayi menjadi rewel dan menangis berlebihan.
  • Segera berikan kompres dingin jika kulit bayi terbakar sinar matahari. Jangan lupa juga untuk segera menghubungi dokter apabila peristiwa itu terjadi.
  • Hidrasi bayi dengan memberikan ASI atau susu formula kepada mereka ketika sedang berada di bawah sinar matahari dalam waktu yang lumayan lama. Agar susu yang diberikan tetap segar, Moms bisa membawa kotak pendingin untuk menyimpan susu.

Moms, sekian informasi tentang penggunaan sunscreen pada bayi yang masih berusia di bawah 6 bulan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk diterapkan ya, Moms!

Selanjutnya: Kreasi MPASI yang Sehat dan Lezat untuk Bayi Usia 6 Bulan

 

 

Editor: Ana Risma
Terbaru