CLOSE [X]

Bos Xiaomi Indonesia Tepati Janji, Harga Ponsel 5G Turun Harga

Kamis, 13 Januari 2022 | 17:27 WIB Sumber: Kompas.com
Bos Xiaomi Indonesia Tepati Janji, Harga Ponsel 5G Turun Harga

ILUSTRASI. Pilihan warna Remi Note 10 5G.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mengawali tahun baru 2022 ini, Xiaomi Indonesia telah mengungkapkan niatnya untuk membuat harga ponsel 5G di Indonesia semakin murah untuk konsumen di Indonesia. Tujuannya agar adopsi smartphone 5G di Tanah Air semakin meningkat.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Alvin Tse selaku Country Director Xiaomi Indonesia dalam sebuah acara temu media pada 7 Januari lalu. "Kami, Xiaomi Indonesia, akan terus memimpin industri ini dengan menurunkan harga smartphone 5G tahun di tahun 2022," kata Alvin.

Belum sampai sepekan atau tepatnya baru lima hari setelah diutarakan, Xiaomi Indonesia langsung merealisasikan rencana tersebut dengan menurunkan harga ponsel 5G bikinan sub-brand Xiaomi, yaitu Redmi dan Poco.

Baca Juga: Menyusul Redmi Note 10 5G, Harga Hp Vivo V23e Turun Selama Januari 2022

Adapun janji penurunan harga ponsel 5G di 2022 ini pertama kali diwujudkan Xiaomi melalui ponsel kelas menengah (mid-range) Redmi Note 10 5G dan Poco M3 Pro 5G.

Untuk saat ini, penurunan harga ini masih belum diterapkan pada lini ponsel flagship 5G bikinan Xiaomi sendiri, seperti Xiaomi Mi 11, Mi 11 Ultra, Mi 10T series, hingga yang terbaru Xiaomi 11T series. 

Harga lebih murah hingga Rp 200.000

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Selasa (11/1/2021), Xiaomi memangkas harga Redmi Note 10 5G sebesar Rp 200.000 dari harga awal ponsel saat pertama kali diluncurkan di Tanah Air.

Dengan penurunan harga ini, konsumen Indonesia kini bisa membeli Redmi Note 10 5G dengan harga lebih murah, dengan rincian harga sebagai berikut:

  • Redmi Note 10 5G varian 4 GB/128 GB dari Rp 2,9 juta menjadi Rp 2,7 juta
  • Redmi Note 10 5G varian 8 GB/128 GB dari Rp 3,2 juta menjadi Rp 3 juta

Menurut Xiaomi Indonesia, pengguna bisa membeli kedua varian Redmi Note 10 5G yang sudah dipangkas harganya tersebut di sejumlah mitra e-commerce Xiaomi, Mi.com, Xiaomi Store, Xiaomi Shop, Xiaomi Preferred Partner, hingga Erafone.

Dalam keterangan tertulis terpisah, Poco juga mengumumkan harga terbaru untuk ponsel Poco M3 Pro 5G di Indonesia. Tak sebesar Redmi Note 10 5G, pemangkasan harga yang diberlakukan untuk Poco M3 Pro 5G adalah sebesar Rp 100.000.

Jadi mulai Rabu (12/1/2022), konsumen Indonesia bisa membeli Poco M3 Pro 5G dengan harga yang lebih murah. Konsumen bisa membeli ponsel Poco M3 Pro 5G dengan harga baru melalui situs resmi di poco.id serta sejumlah marketplace rekanan Poco.

Berikut rincian harga terbaru Poco M3 Pro 5G setelah turun harga:

  • Poco M3 Pro 5G varian 4GB/64GB dari Rp 2,7 juta menjadi Rp 2,6 juta
  • Poco M3 Pro 5G varian 6GB/128GB dari Rp 3 juta menjadi Rp 2,9 juta

Kebanyakan ponsel 5G harganya masih "mahal" Sebelumnya dalam acara daring "Embrace 2022 with Xiaomi Corporation", Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse menggambarkan bahwa ponsel 5G yang dijual di Indonesia kini masih terbilang "mahal", yakni kebanyakan dijual di atas harga Rp 5 juta.

Menurut dia, banderol harga tersebut dipengaruhi oleh ongkos produksi ponsel dengan dukungan jaringan 5G yang notabene lebih mahal dari ponsel 4G LTE. Kebanyakan ponsel 5G Xiaomi juga didominasi berasal dari lini flagship yang harganya di atas Rp 5 juta, bahkan hingga Rp 17 jutaan.

Banderol ponsel 5G yang kebanyakan masih di atas Rp 5 juta diklaim bertolak belakang dengan kondisi pasar Indonesia saat ini. Alvin mengungkapkan bahwa smartphone yang terjual di Indonesia paling banyak berasal dari segmen entry level.

Baca Juga: Simak Harga HP Xiaomi Terbaru dari Seri Redmi, per Januari 2022

"Smartphone merupakan pasar yang terus berkembang di Indonesia. Sekarang kami masih melihat bahwa volume penjualan ponsel terbesar berasal dari smartphone di bawah 2 juta," kata Alvin.

Jadi dengan menurunkan harga jual ponsel 5G Xiaomi di Indonesia, Alvin berharap adopsi smartphone 5G di Indonesia akan mulai meningkat pula.

Meski demikian, menurut pandangan Alvin, ponsel 5G baru akan lebih bisa dijangkau oleh lebih banyak masyarakat Indonesia pada 2023 mendatang. (Penulis : Galuh Putri Riyanto)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ketika Bos Xiaomi Indonesia Tepati Janji dalam 5 Hari"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru