Gadget

Bug di iPhone sebabkan fungsi wi-fi mati, ini solusi untuk memperbaikinya

Selasa, 22 Juni 2021 | 10:36 WIB Sumber: Engadget,PCMag,Engadget
Bug di iPhone sebabkan fungsi wi-fi mati, ini solusi untuk memperbaikinya

ILUSTRASI. Bug di iPhone sebabkan fungsi wi-fi mati, ini solusi untuk memperbaikinya

KONTAN.CO.ID - Pengguna iPhone yang terhubung dengan jaringan wi-fi dengan nama aneh ("%p%s%s%s%s%n") menyebabkan bugBug tersebut menyebabkan fungsi wi-fi di iPhone mati alias tidak bisa dinyalakan, ini cara memperbaikinya.

Baru-baru ini pengguna iPhone digegerkan dengan sebuah bug yang menyebabkan fungsi wi-fi mati. Meskipun tombol wi-fi sudah dinyalakan, fitur wi-fi di iPhone tersebut tidak akan menyala lagi.

Mengutip dari Engadgetbug tersebut diketahui terjadi akibat iPhone terhubung dengan wi-fi yang namanya "%p%s%s%s%s%n". Nama wi-fi tersebut memang tidak umum, namun jangan sekali-sekali untuk mencoba terhubung dengan wi-fi tersebut apabila Anda menggunakan iPhone.

ILUSTRASI: iPhone 12 Pro

Sekalinya terhubung, fitur wi-fi di iPhone Anda tidak akan menyala kembali. Seorang pengguna Twitter bernama Carl Schou (@vm_call) membagikan pengalamannya fitur wi-fi di iPhone miliknya tidak bisa dinyalakan setelah terhubung dengan jaringan wi-fi yang punya nama aneh.

 

Masih menlansir dari Engadget, menurut BleepingComputer, karakter "%" mungkin mengacaukan perintah dan variable pemrograman pada iOS.

Tetapi tenang saja, bug tersebut ternyata bisa diperbaiki loh. Apabila Anda mengalami bug serupa, dimana wi-fi di iPhone tidak bisa dinyalakan, lakukan beberapa langkah di bawah ini.

PCMag membagikan beberapa langkah untuk keluar dari bug tersebut. Bug tersebut bisa diperbaiki dengan cara mereset pengaturan jaringan di iPhone. 

Berikut langkah untuk mereset pengaturan jaringan di iPhone:

  • Buka Settings atau pengaturan
  • Arahkan ke General > Reset > Reset Network Settings
  • Masukkan passcode Anda
  • iPhone Anda akan meminta restart untuk melakukan pengaturan ulang jaringan

Bug tersebut ternyata tidak bersifat permanen, dengan melakukan reset, iPhone Anda akan kembali normal.

Terlepas dari semua itu, Apple diharapkan bisa merilis perbaikan dalam bentuk update atau pembaruan sehingga tidak ditemui lagi bug serupa.

Selanjutnya: Tak perlu akun premium, pengguna iPhone bisa akses fitur YouTube picture-in-picture

Editor: Arif Budianto
Terbaru